Categories: MotoGP

Jangan Pandang Sebelah Mata: Tak Heran KTM Tawari Rossi Tim Satelit!

RiderTua.com – Jangan pandang sebelah mata: tak heran KTM tawari Rossi tim satelit.. Raksasa balap yang awalnya tak dianggap… Ada total 70 pembalap KTM yang akan bertarung di 2021(dengan kontrak dari KTM). Pierer Mobility AG akan mempekerjakan tidak kurang dari 115 pembalap untuk KTM, Husqvarna dan GASGAS pada tahun 2021. 280 orang dipekerjakan di lokasi Munderfing. MotoGP-KTM RC16 juga dibangun di lokasi ini. Sebagai spesialis off-road (balap trail), KTM ditertawakan lawan saat memasuki kelas MotoGP pada 2017. Tak hanya itu, konsepnya yang unik dengan rangka baja tubular dan suspensi inhouse WP, juga dipandang sebelah mata lawan.. Ternyata pabrikan balap Sultan..

Jangan Pandang Sebelah Mata: Tak Heran KTM Tawari Rossi Tim Satelit!

Suzuki dan KTM berhasil menciptakan ‘kejutan’ positif dari musim MotoGP 2020. Suzuki membawa dua pembalapnya yakni Joan Mir dan Alex Rins, ke peringkat 1 dan 3 di Kejuaraan Dunia motoGP.

Sementara Red Bull-KTM memukau persaingan tidak hanya dengan 3 kemenangan balapan dan 3 kali pole position, tetapi dengan Pol Espargaro, Miguel Oliveira dan Brad Binder mencapai peringkat 5, 9 dan 11 yang mengesankan di klasemen kejuaraan pembalap.

Sebagai spesialis off-road, KTM ditertawakan lawan saat memasuki kelas MotoGP pada 2017. Tak hanya itu, konsepnya yang unik dengan rangka baja tubular dan suspensi inhouse WP, juga dipandang sebelah mata lawan.

Komitmen test rider Dani Pedrosa juga mendapat sedikit pemahaman dari beberapa rivalnya. Namun, pembalap Spanyol itu membawa 13 tahun pengalamannya di Repsol-Honda dan berkontribusi banyak untuk membawa KTM RC16 ke level yang lebih tinggi.

Kemajuan teknis yang signifikan terjadi pada 2019. Tes rider Pedrosa mengendarai KTM untuk pertama kalinya pada 21 Desember 2018 di Jerez, dan kemudian memengaruhi mesin pabrikan 2019.

“Pada saat yang sama dengan Dani, kami membawa Wolfgang Felber ke dalam proyek pengembangan sasis,” kata Direktur KTM Motorsport Pit Beirer.

Jangan Pandang Sebelah Mata: Tak Heran KTM Tawari Rossi Tim Satelit!

KTM Panen Gelar

Sejauh ini, KTM Factory Racing telah memenangkan 314 gelar dunia, dan memiliki 70 pembalap pabrikan di bawah kontrak untuk musim mendatang. Merek kedua Husqvarna, akan menambah 25 pembalap pabrikan lagi. Sementara GASGAS akan memiliki tidak kurang dari 20 pembalap pabrikan di bawah kontrak pada tahun 2021.

Jadi, Pit Beirer mengawasi lebih dari 460 anggota tim dari 20 negara di berbagai disiplin ilmu (balap jalan raya, lintas, reli, enduro dan sebagainya).

Sekitar 150 orang dipekerjakan di KTM Factory Racing di Munderfing untuk balap jalanan saja (Red Bull Rookies Cup, Moto3, MotoGP). Untuk logistik, komunikasi, pemasaran dan olahraga off-road, ada sekitar 140 orang lebih banyak ditambahkan ke lokasi di Innviertel Austria.

KTM memenangkan 7 gelar dunia pada tahun 2020. Yakni kejuaraan dunia merek di flat track, kejuaraan dunia junior Moto3 dan di kelas MXGP. Selain itu, gelar juara dunia pembalap di lintasan flat track oleh Lasse Kurvinen, di kelas junior Moto3 bersama Izan Guevara dan di kejuaraan dunia Moto3 bersama Albert Arenas serta gelar juara dunia MX2 oleh Tom Vialle.

Huqvarna kini telah merebut 106 gelar dunia. Pada tahun 2020, ditambah Kejuaraan Dunia SuperEnduro bersama Billy Bolt dan Enduro Youth World Championship bersama Sergio Navarro, serta kejuaraan konstruktor di kelas Super Enduro.

This post was last modified on 24 Desember 2020 09:48

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Replika Yamaha YZF-R1 Jonathan Rea Dijual Sangat Terbatas!

RiderTua.com - Replika motor balap Jonathan Rea Replica YZF-R1 di WSBK yang mengambil basis dari model standarnya, terinspirasi dari tim…

20 April 2024

Komentar Gigi Dall’Igna Atas Penampilan Marc Marquez, Bastianini, Pecco dan Martin di Texas

RiderTua.com - Meski Marc Marquez mengalami crash saat memimpin GP Amerika, General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna memuji kecemerlangannya. Pembalap…

20 April 2024

Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 : Hujan, Bautista Tercepat!

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 ..Jumat, 19 April 2024, Dalam sesi FP2 WSBK Belanda yang…

19 April 2024

Stefan Bradl : Ketika Marc Marquez Jatuh, Acosta Pasti Tersenyum

RiderTua.com - Stefan Bradl dan Marc Marquez bekerja bersama untuk Honda selama bertahun-tahun. Setelah Baby Alien pindah ke tim satelit…

19 April 2024

Hasil FP1 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP1 WSBK Belanda 2024 ..Jumat (19/4/2024), Pembalap ROKiT - Motorrad , Toprak Razgatlioglu menjadi…

19 April 2024

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024