Rossi: Hampir Semua Pembalap Kompetitif Muncul dari Moto2

Ada Skenario Luca Marini Gantikan Rossi di Yamaha?
Ada Skenario Luca Marini Gantikan Rossi di Yamaha?

RiderTua.com – Valentino Rossi mengatakan bahwa hampir semua pembalap kompetitif muncul dari Moto2… Pembalap berusia 41 tahun itu berkomentar, mengenai perubahan generasi di Kejuaraan Dunia MotoGP. Dia juga mengungkapkan kebangkitan saudaranya Luca Marini, sekaligus langkah pertama ke MotoGP 1000cc untuk Sky Racing Team VR46.

Rossi: Hampir Semua Pembalap Kompetitif Muncul dari Moto2

Kelas MotoGP memunculkan 9 nama pemenang berbeda, dalam 14 seri balapan musim 2020. 5 pembalap di antaranya memenangkan kelas utama untuk pertama kalinya, yakni Fabio Quartararo, Brad Binder, Miguel Oliveira, Franco Morbidelli dan Joan Mir. Pembalap Suzuki berusia 23 tahun itu juga dinobatkan sebagai juara dunia di musim MotoGP keduanya.

Ketika Valentino Rossi ditanya, Apakah ada perubahan generasi yang terjadi di kelas utama?.. The Doctor menjawab, “Ya, saya kira begitu. Hampir semua pembalap yang muncul dari Moto2 dalam beberapa tahun terakhir sangat kompetitif. Daftar namanya sangat panjang. Mereka langsung lebih cepat dengan motor MotoGP.”

“Sepertinya Moto2 adalah sekolah yang hebat. Ada juga banyak pembalap yang sangat kuat di generasi baru ini. Saya melihatnya pada Joan Mir, tapi seperti yang saya katakan, daftarnya sangat panjang.”

Rossi yang sudah berusia 41 tahun, sejauh ini merupakan pembalap tertua di grid MotoGP. Dia melihat tren di balik perkembangan ini. Dia menambahkan, “Dari sudut pandang saya, apa yang berubah adalah semua pembalap membidik kelas MotoGP secepat mungkin.”

“Di sisi lain, dalam olahraga motor, beberapa tahun lalu ada pembalap yang selalu berkompetisi di kelas yang lebih kecil atau setidaknya butuh waktu lebih lama sebelum naik ke MotoGP. Tapi begitulah adanya, MotoGP adalah Formula 1-nya roda dua, kelas yang paling prestisius. Wajar jika pembalap muda ingin pergi ke sana.”

Motor dan Tim yang Bagus untuk Luca Marini

Juara dunia 9 kali itu sangat senang bahwa saudaranya Luca Marini berhasil melompat ke kelas utama. Runner-up Moto2 itu akan menjadi rekan setim Enea Bastianini, di Avintia Esponsorama pada tahun 2021, yang memiliki hasil akhir yang lebih baik dalam perebutan gelar.

“Bastianini dan Marini juga akan menyusul tahun depan ke kelas MotoGP. Mereka melakukan hal-hal fantastis di Moto2. Mereka akan memiliki motor yang sangat bagus, Ducati, dan tim yang sangat bagus juga. Saya pikir mereka bisa kompetitif pada awal 2021,” kata Rossi.

Luca Marini juga akan mengendarai Ducati, dengan tim Sky VR46. Bagaimana Rossi melihat kemajuan ini? “Ini akan menjadi tim gabungan, ini bukan tim kami,” tegas pemenang GP 115 kali itu.

“Tapi kami tetap akan memberikan kontribusi, terutama dari segi teknis. Menarik untuk melihat, bagaimana kami melakukannya dan kemudian tentang memahami apa yang dapat kami lakukan di masa depan.”

Untuk tahun 2021, manajer tim Sky VR46 Pablo Nieto akan mengambil beberapa tugas manajemen bersama bos tim Esponsorama Ruben Xaus, selain tugas yang diembannya di tim Moto2. Marini juga membawa sebagian kru Moto2-nya ke kelas MotoGP.

Be the first to comment

Leave a Reply