Kerjasama Red Bull dan Tech3-KTM Berlanjut!

Herve Poncharal (Tech3): Bekerja Sama dengan KTM Sangat Menyenangkan!
Herve Poncharal (Tech3): Bekerja Sama dengan KTM Sangat Menyenangkan!

RiderTua.com – Kerjasama Red Bull dan Tech3-KTM, berlanjut!… Setelah musim ini, Red Bull dikabarkan mundur dari tim Tech3 MotoGP KTM sebagai sponsor utama. Tetapi kemudian, solusi kompromi untuk musim 2021 ditemukan bersama KTM. Apakah mungkin karena Tech3 tampil bersinar dengan dua kali menang musim ini?

Kerjasama Red Bull dan Tech3-KTM, Berlanjut!

Mereka yang terkena dampak kecewa, ketika mengetahui bahwa Red Bull Organics (minuman) akan mundur sebagai sponsor utama tim Tech3 MotoGP setelah musim 2020. Dimana berita ini mencuat pada Agustus 2020 lalu setelah GP Austria.

Pada saat itu tersiar kabar, ternyata tidak pernah ada kontrak antara pemilik tim Tech3 Herve Poncharal dan Red Bull. Tetapi perusahaan minuman energi itu membayar sekitar 9 juta euro setahun ke pabrikan motor tersebut.

Kabar Buruk: Red Bull Cabut dari KTM Tech3 !

KTM kemudian berhasil meraih prestasi yang luar biasa. Mereka mengoleksi gelar Red Bull Rookies serta Kejuaraan Moto3 World Championship (Tech3 dan Ajo Motorsport), Moto2 (Ajo Motorsport) dan dua tim balap MotoGP (Red Bull KTM Factory dan Red Bull KTM Tech3). Kesepakatan MotoGP dengan Tech3 diperkirakan secara internal sekitar 2,5 juta euro.

Red Bull mengumumkan pengunduran dirinya dari tim Tech3 MotoGP secara internal, sebelum dimulainya musim di Jerez pada bulan Juli. Pabrikan minuman itu merasa, KTM telah meninggalkannya dalam pemilihan pembalap Tech3 untuk 2021. Karena Danilo Petrucci dan Iker Lecuona tidak memiliki masa lalu bersama Red Bull.

Tapi KTM berada di bawah tekanan waktu, dan tekanan untuk bertindak di bulan Mei dan Juni. Pol Espargaro dan Jorge Martin, dua starter tetap yang menjanjikan secara mengejutkan menyatakan berpisah dari KTM. Dimana berita ini mengejutkan publik dalam waktu seminggu. Espargaro telah menandatangani kontrak dengan Repsol-Honda. Sementara penantang gelar Moto2, Jorge Martin dengan Pramac Ducati.

Jadi dua tempat kosong tersebut harus diisi di tengah krisis kesehatan. Namun, jumlah pembalap top yang tersedia tetap dapat dikelola. Seperti yang diharapkan, Miguel Oliveira dipromosikan ke tim pabrikan bersama Brad Binder untuk 2021. Lecuona diberi tempat Tech3 yang sebenarnya ditujukan untuk Jorge Martin. Petrucci yang berpengalaman mengambil alih posisi Oliveira di Tech3 untuk musim mendatang.

Klausul Kontrak

Dalam sebuah wawancara dengan media Jerman, bos KTM Stefan Pierer mengungkapkan bahwa Andrea Dovizioso telah bertaruh terlalu tinggi secara finansial di KTM.

Dengan Danilo Petrucci, pemenang GP Mugello 2019 dan pemenang GP Le Mans 2020, itu adalah seorang pengganti yang layak dipekerjakan. Pertama karena cocok dengan anggaran di tengah kondisi seperti saat ini. Yang kedua, juga cocok sebagai figur di Red Bull untuk pasar penting Italia.

Kepergian Jorge Martin, yang finis di urutan ke-5 di Kejuaraan Dunia Moto2 di tim Red Bull-Ajo pada tahun 2020, membuat manajer KTM salah langkah. Di tahun 2019, dia sudah menandatangani kontrak pendahuluan untuk Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Namun dia bisa tersingkir, jika KTM tidak masuk dalam 10 besar klasemen Kejuaraan Dunia pada akhir Juni.

Ketika musim baru dimulai pada Juli, manajer Jorge Martin Albert Valera bersikeras pada klausul ini. Direktur KTM Motorsport Pit Beirer dengan enggan merilis bakat luar biasa dan juara dunia Moto3 dari 2018.

“Klausul MotoGP adalah bagian dari kontrak Moto2 dengan Jorge Martin,” jelas Pit Beirer.

“Itu tidak baru ditandatangani musim semi ini. Kontrak Moto2-nya termasuk perjanjian MotoGP yang mengikat saat ini. Memang benar bahwa kami tidak berada di 10 besar pada saat itu pada akhir Juni. Tapi kami juga tidak berada di luar 10 besar, karena tidak ada balapan sama sekali sampai akhir Juni dan karena itu tidak ada kejuaraan dunia yang bertahan sama sekali!”

“Kami tidak memperkirakan Kejuaraan Dunia 2020 hanya akan dimulai pada pertengahan Juli karena krisis kesehatan, dan oleh karena itu disepakati dalam kontrak pendahuluan pada akhir Juni sebagai tanggal yang menentukan untuk Kejuaraan Dunia. Sayangnya pembalap dan manajer tidak mempercayai kami. Itu sebabnya mereka mengambil pintu keluar darurat,” jelas Pit Beirer.

Dua Kemenangan Besar Red Bull KTM

Sementara itu, Tim KTM Tech 3 Red Bull bersama Miguel Oliveira, telah merayakan dua kemenangan spektakuler MotoGP, yakni di GP Styria dan GP Portugal.

Sejak awal, Stefan Pierer dan Pit Beirer telah meyakini bahwa, Tech3 tidak akan mencari perusahaan minuman energi lain sebagai sponsor utama untuk tahun 2021. Tetapi akan mengirimkan motornya ke lintasan dengan warna oranye KTM jika perlu. “Itu pasti akan menarik suatu hari nanti,” kata Beirer.

Dengan pengecualian tim Tech3 MotoGP, semua proyek bersama lainnya oleh Red Bull dan KTM terus berlanjut. Tidak hanya di balapan GP, tetapi juga di reli Dakar, Kejuaraan Dunia MX2 dan MXGP, Kejuaraan Dunia Supercross dan sebagainya. Yang sehubungan dengan anak perusahaan KTM GASGAS.

Bersama KTM dan Red Bull, kompromi untuk musim 2021 kini telah ditemukan untuk Tech3 dalam berbagai diskusi. Tim Moto3 Tech3 (Sasaki dan Deniz Oncu) akan tampil dengan desain Red Bull KTM biasa pada tahun 2021, seperti yang dimiliki Aki Ajo (Masia, Acosta).

Sementara Petrucci dan Lecuona disimpan oleh Red Bull dengan kontrak pribadi (penempatan produk dengan botol minum, mungkin juga logo pada helm).

Kedua pembalap hanya punya kontrak satu tahun dan berada di bawah tekanan pada 2021. Karena di Akademi KTM MotoGP, Remy Gardner dan Raul Fernandez sedang mengembangkan bakat berikutnya untuk Kejuaraan Dunia MotoGP.

Perkembangan ini membuat kecurigaan. Kembalinya Red Bull sebagai sponsor MotoGP di Tech3 tidak dapat dikesampingkan pada tahun 2022.

Be the first to comment

Leave a Reply