Motor Sport Yamaha YZF-R6 akan Disuntik Mati, Tapi…

RiderTua.com – Tak ada yang menyangka kalau motor sport ikonik Yamaha YZF-R6 bakal disuntik mati dalam waktu dekat. Padahal model ini cukup terkenal di sejumlah negara di Eropa dan Amerika, entah dalam bentuk model racing ataupun street legal. Motor sport Yamaha YZF-R6 takkan diproduksi lagi tahun depan, namun dengan satu pengecualian. Dimana model racing-nya masih tetap dipertahankan oleh Yamaha.

Motor Sport Yamaha YZF-R6 Takkan Diproduksi Lagi Tahun Depan

Mungkin saja R6 sudah lama direncanakan untuk disuntik mati dalam waktu dekat. Entah apakah itu terjadi karena aturan emisi Euro yang semakin ketat diberlakukan di Eropa, atau karena angka penjualannya yang terus menurun. Belakangan ini penjualan motor 1.000 cc sudah semakin mendominasi segmen motor sport full fairing.

Memang sangat disayangkan jika motor ini akan dihentikan produksinya, karena sudah banyak orang yang menyukai R6. Selain karena performa, model dari motor 600 cc ini masih lumayan keren, walaupun seiring berkembangnya zaman, model tersebut sudah ‘outdated’. Terlebih Yamaha mulai memiliki sejumlah motor sport dengan model lebih keren dari R6.

Motor sport Yamaha YZF-R6

‘Track Only’

Hanya saja Yamaha hanya menghentikan produksi model street legal-nya R6, artinya versi track only alias versi balapnya tak ikut dihentikan. Nampaknya mereka ingin mempertahankan versi balap R6 untuk kebutuhan lain di dunia balap. Bahkan Yamaha sudah menyiapkan perangkat komponen khusus untuk meningkatkan performanya.

Dengan dipertahankannya versi balap R6, muncul spekulasi kalau motor ini akan memasuki generasi terbaru. Terlebih motor YZF lainnya dari Yamaha akan hadir dengan model all new, tapi entah kapan dirilis. Walau jelas itu bukan model R6, meskipun masih banyak yang percaya kalau model terbarunya tengah disiapkan.

Entah itu benar atau tidak, semua itu meninggalkan sebuah tanda tanya bagi pecintanya. R6 mungkin takkan hadir lagi sebagai model street legal, tapi Yamaha tetap menghadirkannya walau dalam bentuk balap. Setidaknya masih ada motor sport lebih bertenaga lainnya dari merek berlogo garpu tala ini.

Be the first to comment

Leave a Reply