Honda Menguji Bodi Aero Baru, Tidak Tunggu Marquez?

Honda Menguji Bodi Aero Baru
Honda Menguji Bodi Aero Baru

RiderTua.com – Honda menguji bodi aero baru RC213V 2021, apakah nantinya tidak tunggu Marquez sebelum di homologasikan untuk musim depan?.. Tes ini dilakukan di Jerez dimana, aero body memainkan peran penting. Yang sangat menentukan aerodinamika, tekanan kontak roda depan, dan seberapa gesit sebuah motor. Perangkat aerodinamika akan di homologasikan pada hari Kamis sebelum balapan pertama Qatar.. Selain 11 pembalap dari Kejuaraan Dunia Superbike, tim penguji MotoGP Honda akan melakukan uji coba selama 2 hari di Jerez. Meski dirahasiakan, ada beberapa hal yang sedikit terkuak.

Honda Menguji Bodi Aero Baru

Stefan Bradl mengalami minggu-minggu yang menegangkan. Dua balapan di seri MotoGP Valencia berlangsung dalam dua akhir pekan berturut-turut. Tidak ada jeda sebelum balapan akhir musim di Portimao, pada hari Minggu nanti.

Dan di waktu istirahat antara GP Valencia kedua dan Portimao, pembalap tes dan cadangan Honda itu menjalani tes dua hari. Kawasaki menyewa Circuito de Jerez pada hari Selasa dan Rabu, Bradl bersama 11 pembalap dari Kejuaraan Dunia Superbike.

Seperti biasa, baik Stefan maupun anggota tim penguji Honda Racing Corporation (HRC) diizinkan untuk mengungkapkan apa pun tentang rencana pengujian. Di sisi lain, orang Jepang pada umumnya menjaga tingkat kerahasiaan yang tinggi.

Honda Menguji Bodi Aero Baru
Honda Menguji Bodi Aero Baru

Aero Body Berperan Penting Dalam Balapan

Namun hal-hal tertentu tidak bisa disembunyikan, seperti tes aerodinamika. Bradl turun ke lintasan dengan panel depan yang relatif tidak rumit yang hanya memiliki satu sayap, yang dipasang di kiri dan kanan dua tingkat di kedua sisi. Versi double-decker yang dimodifikasi juga digunakan.

Aero Body memainkan peran penting dalam Kejuaraan Dunia MotoGP modern. Mereka sangat menentukan aerodinamika, tekanan kontak roda depan, dan seberapa gesit sebuah motor.

Semakin banyak tekanan kontak yang dihasilkan sayap, semakin banyak cengkeraman yang ada pada roda depan dan kecenderungan wheelie berkurang. Namun, pada saat yang sama, motor melambat karena memiliki hambatan udara lebih dan menjadi lamban.

Pada akhirnya, ini tentang menemukan keseimbangan yang tepat antara tekanan dan kecepatan. Gaya mengendarai dan preferensi pembalap juga berperan di sini.

Biasanya, dua body aero dapat dihomologasi per musim MotoGP. Versi pertama pada hari Kamis sebelum balapan pertama, yang kedua selama musim tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply