KTM Uji Coba Variable Ride Height System

RiderTua.com – Demi kejar akselerasi biar tambah yahud, KTM uji coba ‘Variable Ride Height System‘.. Bukan rahasia lagi sistem variabel ketinggian motor saat balapan ini diperkenalkan pertama kali oleh Ducati. Selama MotoGP Valencia, para pembalap KTM menguji sistem pengaturan variabel ini dalam balapan, atau adaptasi dari sistim holeshot yang diaplikasikan saat race, bukan hanya saat start saja.

Kejar Akselerasi, KTM Uji Coba Variable Ride Height System

Ketika ada dua balapan berturut-turut di lintasan yang sama dimungkinkan untuk segera melihat hasil dari perubahan jika menguji dua alat yang berbeda atau alat baru.. Satu hal yang dikerjakan KTM akhir pekan lalu di MotoGP Valencia adalah sistem perubahan ketinggian motor saat balapan.

Pada awal tahun ini Ducati memperkenalkan semacam “variable geometry frame” atau frame yang dapat berubah sesuai kebutuhan.. Salah satu impian terbesar para insinyur MotoGP selama beberapa dekade. Dan Gigi Dall’Igna berhasil… Dan sejak saat itu, semua pabrikan telah mengikuti: Yamaha telah mengadopsinya, sekarang KTM sedang mengerjakannya, Suzuki dan Honda sedang dalam proses.. .

Valencia adalah Debut Oliveira Bukan Iker Lecuona
KTM Uji Coba Variable Ride Height System

Di Valencia beberapa wartawan sempat menangkap gambar perbedaan ketinggian bagian belakang motor Brad Binder. Pada foto knalpot terlihat lebih dekat ke ban dibanding posisi normal.

Saat bagian belakang motor diturunkan, pembalap bisa lebih efisien saat keluar tikungan. Hal ini akan mengubah ergonomi motor dan lebih sedikit tekanan pada ban belakang, sehingga memungkinkan pembalap untuk berakselerasi lebih kuat. Di KTM ada sedikit variasi posisi tuas. Dengan cara ini, dari awalnya yang hanya dapat digunakan saat start saja, menjadi sistem yang dapat digunakan selama balapan.

Oliveira: Cukup Sederhana

Seperti yang dijelaskan oleh Miguel Oliveira. “Alat ini cukup sederhana: kami mengganti tuas karena cukup sulit dioperasikan dengan ibu jari.. Kami beralih ke tuas kecil dan sekarang kami mengujinya untuk melihat apakah kami dapat menggunakannya di balapan atau tidak. Tapi itu masih belum fix digunakan untuk balapan. Kami masih harus mencari tahu dari ketinggian berapa untuk menurunkan bagian belakang motor dan hal lainnya. Tuas ini terlihat di atas tuas kopling di semua motor KTM,” kata pembalap KTM asal Portugal itu.

KTM Uji Coba Variable Ride Height System-MotoGP
KTM Uji Coba Variable Ride Height System

Pol Espargaro juga telah menguji sistem yang sama. “Kami masih mencobanya. Ini sesuatu yang baru, tapi seperti yang Anda lihat dengan pabrikan lain, kebanyakan dari mereka menggunakannya dan memiliki keunggulan dalam akselerasi,” katanya..

“Kami sedang mengerjakannya dan alat itu bekerja dengan baik, tapi masih terlalu dini untuk menggunakannya di balapan. Saya akan mencoba perangkat baru ini secara bergiliran di mana saya dapat mengumpulkan lebih banyak data dengan jarak tempuh balapan”.

Be the first to comment

Leave a Reply