Wah, Motor Suzuki Joan Mir Keluarkan Asap di FP2

Wah, Motor Suzuki Joan Mir Keluarkan Asap di FP2
Motor Suzuki Joan Mir Keluarkan Asap di FP2

RiderTua.com – Wah, motor Suzuki GSX-RR Joan Mir keluarkan asap di FP2, apakah akan mendekati jebol mesinnya.. Joan Mir (Suzuki) terus menyerang secara agresif setelah jatuh, tetapi tidak dapat meningkatkan waktu dan tersingkir ke peringkat 11. Pada serangan waktu (time attack) terakhir, tertangkap kamera dimana asap putih mengepul sesaat dari knalpot mesin. Crash di FP2 memberi tekanan pada Joan Mir… Favorit penyabet jelar Juara Dunia MotoGP itu harus puas dengan tempat ke-11, setelah tergelincir di MotoGP Valencia-2 pada latihan bebas hari Jumat. Sekarang dia khawatir apakah bisa langsung masuk ke kualifikasi 2?

Motor Suzuki Joan Mir Keluarkan Asap di FP2

Jumat bukanlah alasan hanya untuk duduk dan bersantai bagi pemenang MotoGP Valencia-1, Joan Mir. Pemimpin klasemen kejuaraan dunia itu hanya berada di urutan ke-12, setelah melakukan kesalahan yang tidak berbahaya pada penambahan waktu.

Tetapi ini membuat pembalap asal Spanyol itu berada di bawah tekanan di FP3 pada hari Sabtu. Seperti yang diperlihatkan pada hari Jumat di Sirkuit Ricardo Tormo, catatan waktu puncak belum tentu dapat diharapkan di pagi hari.

Motor Suzuki Joan Mir Keluarkan Asap di FP2

Motor kedua ber’asap’

“Secara keseluruhan, perasaan saya baik. Kecelakaan di FP2 terjadi karena saya mencoba menggunakan ban depan yang keras (hard). Saya mungkin sedikit terlalu berlebihan. Tapi kami harus mencoba, karena mungkin akan lebih dingin pada hari Sabtu. Motor kedua ini belum dalam konfigurasi siap. Jadi saya tidak bisa meningkatkan catatan waktu saya,” ungkap pembalap berusia 23 tahun itu.

Namun motor kedua entah karena sudah punya jarak tempuh (km) banyak mungkin sudah mulai rapuh. Sehingga mengeluiarkan asap, karena motor untuk latihan akan beda saat latihan. Meskipun demikian jika sampai rusak di trek akan membahayakan pembalap lain dengan tumpahan olinya..

Bintang Suzuki itu meyakinkan, “Kami tahu, ke mana harus pergi. Kami memiliki cukup ruang untuk berkembang. Santai, itu mungkin terlalu banyak yang dikatakan, karena Anda tidak bisa beristirahat di sini. Tapi kecepatan dengan ban medium sangat bagus.”

“Tidak buruk juga dengan ban depan tipe hard. Dengan ban soft, saya tidak bisa meningkatkan diri dengan motor kedua (setelah crash). Saya melihat banyak pembalap dengan kecepatan yang kuat. Morbidelli, misalnya, sangat kuat, terutama di FP1. Kita akan lihat bagaimana situasinya di FP3. Saya harap saya dapat meningkatkan waktu saya.”

MotoGP
Motor Suzuki Joan Mir Keluarkan Asap di FP2

Ducati Sulit Disalip

Mir mengatakan tentang kekuatan baru Ducati. “Tentu saja Ducati merupakan masalah, ketika mereka berada di depan, mereka sulit disalip. Tapi kami baru di sesi latihan hari pertama. Dalam hal kecepatan balapan (race pace), tidak banyak pembalap Ducati yang unggul. Dovizioso mungkin yang tercepat di antara mereka.”

“Kali ini trek benar-benar kering dan cengkeramannya lebih baik. Tapi pembalap yang lain juga lebih cepat sekarang. Penting bagi kita untuk berada di sana. Kami bukan yang tercepat di lintasan. Tapi ini baru hari Jumat. Saya masih memiliki potensi untuk berkembang. Saya berkonsentrasi pada diri saya sendiri. Alex Rins memang bukan rival utamaku, tapi dia sangat kuat,” tutup Mir.

Be the first to comment

Leave a Reply