Categories: MotoGP

Yamaha Kesal dengan Lorenzo, Kini Terdampar di Aprilia

RiderTua.com – Yamaha kesal dengan Lorenzo setelah main mata dengan Ducati, kini Jorge terdampar di Aprilia… Sebelum musim panas, Jorge menawarkan dirinya ke Ducati sebagai pengganti Andrea Dovizioso untuk tim resminya, meski kemudian pembalap Spanyol itu mundur di menit terakhir. Namun, diketahui di dalam paddock bahwa Lin Jarvis dan seluruh pimpinan Yamaha Racing merasa kesal dengan percakapan tes rider mereka, yang ‘main mata’ dengan tim Borgo Panigale itu. Belum lagi terjadi perdebatan masalah gaji Lorenzo yang akan dipotong karena memang jam kerja sedikit, namun di tolak oleh manajer Lorenzo. Hubungan antara Lorenzo dan Yamaha benar-benar hancur..

Yamaha Kesal dengan Lorenzo, Kini Terdampar di Aprilia

Penandatanganan kesepakatan kontrak Jorge Lorenzo dan Yamaha terjadi hanya beberapa minggu setelah pengunduran dirinya dari MotoGP di final GP Valencia 2019. Dimana berita ini adalah yang paling mencengangkan pada Januari.

Tapi Lorenzo hanya ‘digunakan’ Yamaha selama dua hari, pada tes di Sepang/Malaysia pada Februari yang berlangsung selama 6 hari. Alasannya jelas, karena dia terlalu menikmati liburan musim dingin sehingga dia tidak fit. Oleh karena itu, dia hanya melakukan pemanasan dengan Yamaha 2019.

Setelah itu Lorenzo tidak dipanggil untuk tes Qatar (22-24 Februari). Dan untuk tes MotoGP pribadi dengan pabrikan lain di Jerez pada bulan Maret (dengan HRC, KTM dan Aprilia). Meskipun tes ini pada akhirnya harus terhenti karena krisis kesehatan dunia.

Tapi Yamaha tidak pernah memakai Lorenzo pada Mei, Juni, Juli atau Agustus. Selama diskusi dengan manajemen tim (Lin Jarvis dan Massimo Meregalli), muncul kritikan terhadap pembalap Spanyol berusia 33 tahun itu.

Rupanya karena krisis kesehatan, wildcard di tiadakan (GP Catalunya dan mungkin yang direncanakan di GP Misano) dan banyak agenda tes yang dibatalkan. Yamaha mengusulkan pengurangan biaya, yang mendapat penolakan dari Lorenzo dan manajernya Albert Valera.

Sejak awal sudah jelas bagi manajer Yamaha, bahwa Lorenzo akan pindah untuk tahun 2021. Oleh karena itu, Yamaha tidak ingin lagi mengikatnya dengan rahasia teknis dan menjauhkannya dari pencapaian teknis baru. Tidak ada lagi negosiasi kontrak.

Banyak Spekulasi

Asumsi yang berkembang sebelumnya adalah, bahwa Jorge Lorenzo yang berusia 33 tahun itu akan mengambil alih tempat Andrea Dovizioso di Ducati. Meskipun prestasinya di akhir karirinya kurang bagus dan dia terlihat hidup lebih santai dan menginap di resor mewah dan foto-foto di Lamborghini-nya.

Jorge kemudian diizinkan Yamaha saat uji coba di Portimao pada bulan Oktober karena tidak ada pembalap reguler dengan motor MotoGP yang diizinkan di sana. Tetapi hanya Yamaha versi 2019 yang dimasukkan ke pit di sana, tanpa ‘perangkat holeshot’ dan tanpa mesin tahun 2020. Lorenzo pun geram….!

Yamaha juga tidak serius mempertimbangkan untuk menggantikan Valentino Rossi, dengan Lorenzo di dua seri balapan di MotoGP Aragon. Hubungan antara Lorenzo dan pabrikan Jepang itu benar-benar hancur.

Kembali ke Aprilia

Di GP Teruel, media speedweek.com menemukan alasan mengapa test rider Lorenzo terlihat menjauh dari Yamaha selama berbulan-bulan.

Manajer Lorenzo, Albert Valera juga manjadi manajer pembalap pabrikan Aprilia Aleix Espargaro dan pembalap seperti Jorge Martin (2021 di Pramac-Ducati) dan Pedro Acosta. Dimana mereka saat ini sedang dalam negosiasi yang sangat menjanjikan dengan Aprilia Racing.

Lorenzo seharusnya mengambil alih peran sebagai test rider menggantikan Bradley Smith dan Lorenzo Savadori. Juara dunia 5 kali itu juga dapat mengambil hingga 5 wildcard dengan ‘tim konsesi’ Aprilia pada 2021. Jika ini diizinkan lagi. Pada tahun 2020 mereka dilarang karena alasan biaya, dan yang menggelembung di MotoGP dan kondisi krisis..

Bradley Smith Dipecat

Berita dari media Jerman menyebutkan bahwa negosiasi pihak Lorenzo dengan Aprilia berjalan dengan baik. Tetapi kesepakatan (seperti halnya dengan Dovizioso) masih bisa gagal karena uang. Namun terungkap juga Aprilia akan mendepak tes ridernya Bradley Smith yang sudah bocor saat di GP Aragon-1 pada tanggal 18 Oktober, bahwa dia akan menganggur setelah bergabung selama 2 tahun di Aprilia… Dan disitulah kursi tes rider Aprilia kosong..

This post was last modified on 29 Oktober 2020 18:29

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Daihatsu Sigra Memimpin Penjualan Mobil Bulan Februari 2024

RiderTua.com - Daihatsu sudah tidak bisa diremehkan lagi soal penjualan mobilnya di Indonesia. Apalagi untuk mobil murahnya, Sigra, yang mampu…

19 Maret 2024

MG Motor Siap Rilis Mobil Baru di Indonesia

RiderTua.com - MG Motor telah sukses dalam meluncurkan dua mobil listriknya di Indonesia pada bulan lalu. Namun itu saja belum…

19 Maret 2024

Manajer Tim GASGAS Tech3 : Penasaran Melihat Aksi Acosta di Portimao, Siapa yang Dia Asapi?

RiderTua.com - Debut Pedro Acosta di MotoGP sungguh menarik. Rookie dari tim GasGas Tech3 itu langsung melaju ke Q2 dengan…

19 Maret 2024

Daihatsu Tak Mau Buru-buru Hadirkan Mobil Niaga Listrik

RiderTua.com - Daihatsu masih memimpin penjualan mobil niaga ringan di Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Sementara itu, segmennya kini diisi…

19 Maret 2024

Penjualan Wuling Binguo Menurun Drastis Bulan Lalu?

RiderTua.com - Wuling kini memiliki tiga mobil listrik yang dijual di Indonesia, terdiri dari Air EV, Binguo, dan Cloud EV.…

19 Maret 2024

Miguel Oliveira : Tim Trackhouse Punya Banyak Potensi

RiderTua.com - Segalanya belum berjalan baik bagi Miguel Oliveira mengingat Tim Trackhouse masih dalam tahap pengembangan. Rider asal Portugal itu…

19 Maret 2024