Duh, Ternyata Lorenzo Pakai M1 2019 di Portugal!

Ternyata Lorenzo Pakai M1 2019 di Portugal
Ternyata Lorenzo Pakai M1 2019 di Portugal

RiderTua.com – Ternyata berita terakhir menyebutkan Lorenzo pakai Yamaha M1 versi 2019 (lama) di tes MotoGP Portugal hari ini.. Buat apa memakai motor lama dan tidak cocok dengan yang di pakai semua pembalap Yamaha saat ini?. Karena dalam setiap pengujian data sangat dibutuhkan untuk bekal perlombaan seri Portimao… Sementara Jorge Lorenzo hanya menguji dengan Yamaha versi 2019 tidak cocok bukan..? Yamaha menyia-nyiakan potensinya Lorenzo di atas M1?

Ternyata Lorenzo Pakai M1 2019 di Portugal

Jorge Lorenzo akan menguji Yamaha untuk pertama kalinya sejak Februari, dengan M1 di Portimao. Dia belum pernah menggeber M1 sejak tes Sepang pada minggu pertama bulan Februari lalu. Saat itu dia hanya melakukan beberapa lap dengan motor versi 2019 juga. Hari ini, Rabu, dia akan kembali beraksi untuk pertama kalinya di Sirkuit Algarve di Portimao.

Ternyata Lorenzo Pakai M1 2019 di Portugal
Ternyata Lorenzo Pakai M1 2019 di Portugal

“Saya sangat menantikan untuk kembali dan mengendarai motor MotoGP.. Sudah hampir sembilan bulan, hampir setahun penuh. Saya tidak pernah mengendarai dalam waktu yang lama. Tentunya akan sangat sulit untuk terbiasa dengan kecepatan dengan motor-motor ini lagi. Tapi kita punya dua hari di trek baru. Yang juga sangat penting karena ini adalah trek yang sangat spesial dengan banyak naik turun. Penting untuk tidak membuat kesalahan bodoh di awal dan kemudian mencoba melaju cepat dan menyampaikan informasi maksimal kepada Yamaha untuk pembalap resmi,” kata Jorge..

Apa yang di Uji Lorenzo?

Namun ternyata Lorenzo pakai M1 2019 di tes Portugal ini.. Jadi, apa rencana tes dua hari dan yang dilakukan Lorenzo dengan motor lama..?..”Kami akan menggunakan motor yang sama seperti di Sepang (M1 2019). Kami tidak berhasil membawa motor baru (M1 2020) ke sini.. Jadi kami akan menggunakan tes ini secara khusus untuk menyempurnakan gearbox dan menguji semua ban untuk memahami ban mana yang terbaik untuk mencari waktu tercepat dan ban buat balapan di aspal ini dan dalam kondisi tersebut. Yang ketiga adalah bermain sedikit pada set-up juga, tetapi karena saya akan memakai motor 2019, set-upnya sedikit berbeda. Jadi lebih penting menguji gearbox dan ban.”

Jadi kenapa tim penguji Yamaha tidak menggunakan M1 2020 terbaru.. “Saya berbicara dengan Maio Meregalli beberapa minggu lalu dan dia mengatakan kepada saya bahwa mereka mungkin akan mengusahakan motor tahun 2020 di sini (tes Portugal untuk Lorenzo). Tapi sekarang saya masuk pit dua jam lalu dan mereka hanya punya motor 2019 di sini, ” kata Lorenzo..

Pembalap Spanyol itu melanjutkan, “Mereka mengatakan kepada saya bahwa mereka tidak punya waktu untuk menyiapkan motor 2020. Kita belum siap. Sayang sekali tidak memiliki motor yang sama dengan motor pabrikan, tapi saya berasumsi mereka mencoba yang terbaik untuk mendatangkan motor baru di sini (tes Portugal). Tapi mereka tidak berhasil, jadi kita harus menerima apa yang kita miliki.”

Yamaha menyia-nyiakan Lorenzo?

Apakah dengan kondisi ini Yamaha menyia-nyiakan potensinya?… “Saya percaya, dan saya sangat percaya, bahwa mereka melakukan yang terbaik.. Tapi dengan kondisi krisis kesehatan membuat mereka kesulitan. Tentu saja, saya yakin tanpa krisis kami akan menyelesaikan 15 atau 16 hari tes yang kami rencanakan. Saya tidak berpikir mereka sengaja ‘menyia-nyiakan’ tes rider mereka. Karena dari sudut pandang finansial, pekerjaanlah yang menghabiskan uang. Jadi tidak logis untuk berpikir seperti itu. Saya benar-benar berpikir keadaan tidak membantu tim.”

Mantan kepala mekanik Valentino Rossi, Silvano Galbusera, juga telah tiba di Portimao. “Galbusera ada di sini, saya akan bekerja dengannya besok (hari ini) dan lusa. Dan saya berharap dia akan melanjutkannya tahun depan karena saya merasa hebat dengannya dan dia memiliki banyak pengalaman. Saya pikir dia bisa melakukan pekerjaan yang ideal dalam sebuah tim,” kata Lorenzo.

Ketika ditanya wartawan apakah Lorenzo tetap bersama Yamaha tahun depan… “Kami belum membicarakannya tahun depan. Kami mungkin akan melakukannya setelah tes ini,” pungkasnya

Ternyata Lorenzo Pakai M1 2019 di Portugal
Ternyata Lorenzo Pakai M1 2019 di Portugal

Daftar tes rider MotoGP di Portimao:
Aprilia: Aleix Espargaro (7 Oktober), Bradley Smith (7 Oktober), Lorenzo Savadori (8 Oktober)
Ducati: Michele Pirro
Honda: Stefan Bradl
KTM: Dani Pedrosa
Suzuki: Sylvain Guintoli
Yamaha: Jorge Lorenzo

Pembalap MotoGP dengan motor superbike:
Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci (Tim Ducati)
Alex Márquez (Tim Repsol Honda)
Brad Binder dan Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing)
Joan Mir dan Alex Rins (Tim Suzuki Ecstar)
Jack Miller dan Francesco Bagnaia (Pramac Racing)
Johann Zarco dan Tito Rabat (Esponsorama Racing)
Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech 3)
Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)
Valentino Rossi dan Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP)


Be the first to comment

Leave a Reply