Pengembangan RC213V Tertinggal Tanpa Marc Marquez

Pengembangan RC213V Tertinggal Tanpa Marc Marquez
Pengembangan RC213V Tertinggal Tanpa Marc Marquez

RiderTua.com – Pengembangan RC213V tertinggal tanpa Marc Marquez.. Sepertinya absennya Marc Marquez dari sejumlah besar seri balap MotoGP sudah membuat timnya sendiri kebingungan. Honda mengaku tanpa adanya pembalap andalannya membuat mereka kesusahan selama beberapa seri terakhir. Termasuk pengembangan motor RC213V, yang disebut sudah terganggu tanpa kehadiran Marquez. Karena motor tahun depan sudah mulai didesain tahun ini ( fairing, aerodinamika,frame)

Pengembangan RC213V Tertinggal Tanpa Marc Marquez

Tujuh dari delapan seri balap MotoGP 2020 sudah terlewatkan oleh Marc Marquez karena cedera yang dialaminya. Ia mengalami patah tulang di lengan kanan yang cukup serius setelah alami kecelakaan di GP Spanyol bulan Juli lalu. Sehingga praktis ‘The Baby Alien’ ini tak bisa mengikuti seri selanjutnya, bahkan terancam tak bisa menyelesaikan musim 2020 dengan mulus.

Absennya Marquez membuat tim Honda Racing Corporation (HRC) kesulitan untuk mempertahankan dominasinya di MotoGP. Tentu saja mengingat Marquez langganan podium pertama di tahun-tahun sebelumnya, dan tanpa kehadirannya membuat HRC keok. Tak hanya menganggu dominasi Honda di MotoGP, tetapi juga pengembangan motornya.

Pengembangan RC213V Tertinggal Tanpa Marc Marquez MotoGP
Pengembangan RC213V Tertinggal Tanpa Marc Marquez

Motornya Ketinggalan

Motor RC213V yang sebelumnya menjadi unggulan di MotoGP kini sudah tertinggal dari motor pabrikan lainnya, contohnya Suzuki. Marquez memang menjadi penentu bagus atau tidaknya motor Honda dalam balap MotoGP, dan sebelum ia mendapat cedera performa motornya selalu bagus. Tanpa adanya pembalap jebolannya, maka HRC sulit untuk kembangkan RC213V menjadi lebih baik.

Selain karena absennya Marquez, penyebab sulitnya pengembangan RC213V lainnya yaitu karena adanya regulasi baru. HRC sendiri berusaha untuk memperbaiki sasis motornya agar sesuai dengan ban baru Michellin. Sebenarnya mereka masih bisa memenuhi aspek lainnya tanpa sang juara dunia, tapi tetap saja Marquez menjadi penentu utama kualitas RC213V.

Sejak Marc absen dari MotoGP, HRC masih mengandalkan pembalap lainnya, yaitu Takaaki Nakagami, Cal Crutchlow, dan adiknya Marc, Alex Marquez. Meskipun Crutchlow masih berjuang dengan cedera ringannya dan Alex Marquez masih terus belajar, tapi HRC melihat ketiganya sudah memberikan performa baik. Sementara Nakagami sendiri sudah menghasilkan performa paling baik walau tak ada Marc Marquez.

Be the first to comment

Leave a Reply