Gantikan Rossi di Yamaha, Vinales: Tidak Ada yang Ditemukan Selama Tiga Tahun!

Rencananya sekarang Maverick Vinales di MotoGP Misano-2 adalah bekerja dengan bagian depan dan kembali setingan ke motor standart.

Vinales: Progres Yamaha Berjalan Sesuai Rencana
Vinales: Progres Yamaha Berjalan Sesuai Rencana

RiderTua.com – Menjadi ujung tombak Yamaha gantikan Valentino Rossi. Untuk saat ini Vinales belum menemukan ‘cahaya terang’.. Sudah 3 tahun Maverick Vinales di Yamaha MotoGP dan tidak menemukan penyelesaian masalah yang berulang selama itu.. Kini menginjak tahun keempatnya dia berujar.. “Tidak ada yang ditemukan selama tiga tahun”.. Memang selama latihan hari pertama MotoGP Misano, dia berada di posisi ke-4 dan itu sedikit menghibur. Karena pembalap Yamaha itu memiliki masalah dengan setingan balapnya. Sekarang diharapkan pendekatan baru akan membantunya. Bagaimana akan gantikan Rossi di Yamaha jika masalah ini berulang ibarat ‘Lagu Sedih Tak Berujung’?

Gantikan Rossi di Yamaha MotoGP

Gantikan Rossi di Yamaha, Vinales: Tidak Ada yang Ditemukan Selama Tiga Tahun
Gantikan Rossi di Yamaha MotoGP, Vinales: Tidak Ada yang Ditemukan Selama Tiga Tahun

Apakah Maverick Vinales sudah menemukan sesuatu pada sesi tes atau latihan Jumat di Sirkuit MotoGP Misano untuk balapan Minggu?.. “Sayangnya kami tidak menemukan apa-apa. Kami pikir begitu, tapi kemudian dengan set-up balapan dan dengan tangki penuh, itu bukan apa-apa. Jadi besok kami akan mencoba sesuatu yang sama sekali berbeda. Kami banyak fokus pada bagian belakang untuk menemukan lebih banyak cengkeraman. Tetapi kami belum menemukan cengkeraman pada roda belakang selama tiga tahun ini. Jadi saya tidak ingin membuang waktu lagi dengan ini. Kami tahu cara kerjanya seperti itu dan kami harus mencoba menjalaninya.”

Oleh karena itu, rencananya adalah, “Pada hari Sabtu kami akan berkonsentrasi pada roda depan dan mencoba mengeluarkan sesuatu dari stabilitas, cengkeraman, dan kecepatan menikung. Mari kita lihat apakah kami bisa menyelesaikan masalah dengan lini depan,” kata pembalap MotoGP asal Spanyol berusia 25 tahun itu.

Gantikan Rossi di Yamaha, Vinales: Tidak Ada yang Ditemukan Selama Tiga Tahun!
Gantikan Rossi di Yamaha MotoGP, Vinales: Tidak Ada yang Ditemukan Selama Tiga Tahun

Knalpot Baru?

Pada hari Jumat Vinales menggunakan knalpot baru yang jauh lebih panjang pada M1, ditambah swingarm karbon. Apakah inovasi ini berhasil?.. “Kami mencoba, tetapi dengan tingkat cengkeraman yang kami miliki di trek hari ini, sepertinya tidak berhasil. Semuanya bekerja pada hari Selasa karena tingkat cengkeraman yang tepat dan motor bekerja dengan baik. Tapi hari ini, tanpa cengkeraman itu dan pada balapan akhir pekan di mana Anda harus berusaha lebih keras, tampaknya rumit”.

“Itu sebabnya saya kembali ke motor standar saya. Kami akan mengubah sesuatu di bagaian depan dan mencoba memahami bagaimana kami dapat menemukan lebih banyak cengkeraman di sana dan meningkatkan catatan waktu. Saya yakin kami bisa melakukan pekerjaan dengan baik. Kami akan melakukan yang terbaik dan mencoba..”

Vinales: Tidak Ada yang Ditemukan Selama Tiga Tahun di MotoGP

Masalahnya yang dihadapi Vinales adalah: ketika memiliki grip, dia bisa dengan mudah mendapatkan kecepatan. “Tapi jika cengkeraman ini hilang, saya tidak bisa melaju, saya tidak bisa mengerem pada poin yang sama (saat trek banyak grip) dan saya tidak lagi memiliki kepercayaan diri, bahkan di bagian depan,” katanya.

“Rencananya sekarang di MotoGP Misano-2 adalah bekerja dengan bagian depan. Karena kami tidak menemukan apa pun di roda belakang selama tiga tahun, kami selalu kembali ke versi standar kami. Kami tidak ingin membuang waktu lagi untuk itu. Jadi kami akan mencoba mencari lap tercepat saat di tikungan dan dengan kecepatan menikung. Ini cara lain untuk mengetahui catatan waktu. Saya membutuhkan sesuatu yang lain karena saya tidak bisa langsung melaju dengan baik ketika saya tahu saya akan menderita dalam balapan,” kata Vinales. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply