Meregalli: Fungsi Exhaust Baru M1 Tingkatkan Power Delivery

Fungsi Exhaust Baru M1 Tingkatkan Power Delivery
Fungsi Exhaust Baru M1 Tingkatkan Power Delivery

RiderTua.com – Manajer Tim Yamaha, Massimo Meregalli mengatakan fungsi exhaust baru M1 adalah untuk tingkatkan power delivery (pengiriman daya) motor, dimana akan merubah perilaku mesin. Perubahan karakter mesin ini nantinya akan digabungkan dan diolah dengan data lain (kumpulan informasi tentang dinamika motor dan manajemen mesin). Jelas motor Yamaha tidak akan tambah kencang, namun menurut Meregalli, untuk balapan Minggu ini Yamaha akan memiliki sesuatu yang lebih, ujarnya..

Meregalli: Fungsi Exhaust Baru M1 Tingkatkan Power Delivery

Massimo Meregalli

Dari uji coba kemarin, data yang terkumpul tadi masuk dalam komputer dan sebagai dasar ECU untuk memberi perintah mesin bagaimana berperilaku, misalnya mengenai power delivery, traction control, anti-wheelie dan anti-spinning.. Inilah yang disebut ‘MAP’ yaitu campuran instruksi di mana ECU mengelola mesin. Dalam era balap MotoGP Modern, elektronik menjadi otak mesin yang mempengaruhi performa motor di lintasan… Akan seperti apa M1 di balapan Misano-2, menarik untuk kita lihat..

Dalam tes resmi di Misano, yang digelar tepat di antara dua balapan 1 dan 2 yang berlangsung di sirkuit yang sama, dimanfaatkan dengan baik oleh tim-tim MotoGP. Melihat hasilnya, tampaknya setiap pembalap sedikit banyak sudah mendapatkan manfaatnya dengan baik. Ada banyak produk baru di mana-mana …

Banyak part Baru

Di dalam beberapa garasi tim mereka membongkar part baru.. Ada swingarm baru untuk Suzuki Alex Rins, spatbor baru, dan perangkat penurunan ketinggian motor di Honda LCR versi 2020 milik Nakagami, modifikasi sasis dan set-up depan untuk motor Ducati tim resmi milik Dovizioso…

Di tim Yamaha kita melihat frame baru, lengan ayun, yang sangat disukai oleh Vinales, dan perangkat rem belakang baru, namun elemen terakhir tidak diuji oleh Rossi. Banyak pembalap juga telah mengevaluasi sistem radio dengan tim yang telah hadir selama bertahun-tahun seperti di F1. Dan pertama kali sudah di coba oleh Bradl selama latihan bebas di MotoGP San Marino.

Meningkatkan Power Delivery

Bos tim Yamaha Massimo Meregalli mengatakan. “Setelah menolak memakai sasis baru, kedua pembalap resmi akan tetap menggunakan sasis standar. Knalpot baru dibawa untuk meningkatkan power delivery dan memiliki lebih banyak km / jam (speed). Tidak apa-apa untuk tahap pertama, sedangkan untuk top speed tidak ada kemajuan seperti yang ditunjukkan Rossi”.

“Untuk swingarm baru, kesan pertama Valentino, positif yang lebih menyukai karbon. Jika berhasil, mereka masing-masing akan memiliki satu yang akan dipakai untuk balapan berikutnya. Vinales menyukai sistem rem belakang baru. Cepat atau lambat Rossi juga akan menjajal tuas rem belakang itu. Secara umum kami mendapatkan hasil yang positif, untuk balapan kami akan mendapatkan sesuatu yang lebih,” kata Meregalli.

Bos Yamaha itu menyimpulkan bahwa hasil tes memuaskan, dan mereka sudah bekerja keras. Mereka senang karena tes ini tidak direncanakan untuk mereka, dan dapat melakukan sesuatu yang lebih untuk balapan hari Minggu. “Kami telah meningkatkan power delivery, sementara pada tingkat top speed, kami belum mencapai apa pun”..

Bagaimana dengan Fabio Quartararo?.. Di tes pagi hari dia mencoba dan menolak sasis baru. Pembalap tim Petronas tersebut juga menjajal knalpot baru tersebut, namun dia belum yakin, sehingga motor yang akan dia pakai untuk lomba pada hari Minggu kurang lebih akan sama dengan yang terlihat pada minggu sebelumnya …

Be the first to comment

Leave a Reply