KTM Kini Mengalahkan Honda, Siapa Selanjutnya?

Ide untuk masuk ke MotoGP awalnya terdengar gila, seperti yang diakui Beirer. "Pada dasarnya itu hanya satu setengah tahun yang lalu. Luar biasa KTM"

Tuduhan KTM 'Berlaku Curang' Dibantah oleh Poncharal

RiderTua.com – KTM kini mengalahkan Honda, siapa selanjutnya?.. Di ajang balap lain seperti MXGP pabrikan Austria KTM sering mendominasi di barisan depan. Awalnya KTM hanya punya niat tidak lebih dari untuk berpartisipasi di kelas MotoGP 1000cc. Direktur KTM Motorsport Pit Beirer menegaskan. “Bahkan tidak ada gambaran kasar tentang seperti apa motor itu, dan kami tidak tahu berapa anggaran yang dibutuhkan di MotoGP”. Sulit dipercaya bahwa hanya satu setengah tahun yang lalu ketika KTM membuat keputusan untuk mencoba turun di kelas utama kejuaraan dunia roda dua. Kini berada di urutan ketiga dalam kejuaraan dunia pabrikan, mengalahkan Honda, Suzuki, Aprilia..

KTM Kini Mengalahkan Honda, Siapa Selanjutnya?

KTM Kini Mengalahkan Honda, Siapa Selanjutnya

Dalam edisi terbaru podcast MotoGP.com bertajuk ‘Last On The Brakes’, Direktur KTM Motorsport Pit Beirer mengenang malam yang menentukan itu ketika keputusan dibuat untuk memasuki kelas utama MotoGP 1000cc.

Setelah lima balapan pertama di kelas utama, pembalap Red Bull KTM bekerja sama dengan Brad Binder di urutan keempat di Kejuaraan Dunia sementara.

Ide untuk masuk ke MotoGP awalnya terdengar gila, seperti yang diakui Beirer. “Pada dasarnya itu hanya satu setengah tahun yang lalu. Luar biasa KTM! Kami memutuskan suatu malam,” kenangnya sambil tertawa.

Mantan profesional motorcross itu menjelaskan: “Kami telah memenangkan semua kelas, kami memenangkan kejuaraan dunia ke mana pun kami pergi, jadi Trunkenpolz, direktur penjualan kami, berkata..: “Hei Pit, hanya ada satu tempat tersisa untuk bersaing.. kami harus ke MotoGP! Reaksi pertama adalah, ‘Wah, ini orang gila!’ Dan kemudian kami mencari orang yang cukup berani untuk menjadi CEO KTM Group… dan memberi tahu Pierer tentang hal itu.”

Rupanya mereka menemukan jalannya, dan Dorna pun mendukung proyek tersebut sejak awal. Beirer teringat reaksi positif CEO Carmelo Ezpeleta.. “Kami juga berbicara dengan Dorna beberapa kali tentang aturan, apakah mereka akan menerima kami di paddock ini dan segalanya. Carmelo, dia sangat, sangat memotivasi kami. Dia memberi tahu kami, ‘Kamu bisa melakukan itu! Saya cukup yakin Anda bisa melakukannya. Ayo masuki disiplin olahraga balap lain dan pergi ke MotoGP! Karena saat itu idenya pertama ke Moto2 lalu ke MotoGP. “

Be the first to comment

Leave a Reply