KTM Menjadi Tim Terkuat dengan Sasis Baja?

Rangka baja dapat diatur jauh lebih mudah jika kelenturan atau kekakuan harus diubah.

KTM Menjadi Tim Terkuat dengan Sasis Baja
KTM Menjadi Tim Terkuat dengan Sasis Baja

RiderTua.com – Apakah KTM akan menjadi tim terkuat di MotoGP dengan sasis baja.. Sementara tim lainnya semua memakai sasis berbahan aluminium?.. Salah satu pendiri pabrikan sepeda motor asal Jerman, Kalex engineering, Alex Baumgartel membahas hal ini..

KTM Menjadi Tim Terkuat dengan Sasis Baja

KTM Menjadi Tim Terkuat dengan Sasis Baja
Alex Baumgartel dan Klaus Hirsekorn – Kalex MotoGP

Memang semua bahan ada plus minusnya… Dilansir media Jerman speedweek, Alex Baumgartel mengatakan.. Baja juga memiliki keunggulan tertentu sebagai bahan rangka (frame motor). Dibandingkan aluminium, baja sangat sensitif. Terutama ketika bekerja pada kelenturan, toleransi tentu saja lebih sensitif, hanya karena modulus elastisitas atau elongasi (laju deformasi atau laju regangan) hampir dua setengah kali lebih tinggi. Ini juga membuat kepekaan terhadap geometri lebih besar dan lebih sensitif, ujar Alex Baumgartel dari pabrikan sasis Kalex..

Jika sebuah frame memiliki toleransi 0,3 dalam produksi dengan aluminium dan dibandingkan dengan baja, faktor kesalahannya adalah 2,5. Jadi masalah baja adalah sedikit lebih sensitif.

Dani Pedrosa Sudah Meracik Paket RC16 di Balapan Kandang KTM

Namun, Baja Lebih Mudah dimodifikasi

Namun ada satu keuntungan dari rangka baja… Dengan mesin balap baru dalam kategori baru, rangka baja dapat diatur jauh lebih mudah jika kelenturan atau kekakuan harus diubah. karena hal yang dilakukan kemudian hanya ditukar sepotong dalam bingkai tersebut.

Pabrikan dapat memvariasikan baja dengan ketebalan dinding atau diameter pipa yang berbeda. Hal ini bisa lebih cepat terhadap kebutuhan penyesuaian yang perlu dilakukan. Ini tentu saja merupakan keunggulan dari konstruksi rangka jenis baja.

KTM RC16 MotoGP

Aluminium?

Dalam kasus seperti perubahan dan penyesuaian menjadi semakin kompleks bagi insinyur dengan sasis aluminium. Karena mereka harus mendesain ulang bagian yang digerinda sepenuhnya. Tentu saja ada biaya yang terkait dengan ini. Kemudian frame aluminum tadi harus dibuat program baru, bagian sasis kemudian digerinda dari bentuk aslinya.

Dalam produksi dalam jumlah banyak, rangka aluminium di cor.. Tapi itu terlalu mahal untuk motorsport. Cetakan untuk ini sangat mahal. Pabrikan harus mengeluarkan biaya yang jauh lebih besar. Dan hanya sesuai untuk 200 buah ke atas. Di balap? mungkin satu tipe saja tidak cocok dan dibuang.. Honda infonya membawa banyak sasis tahun lalu dan sebagian ‘dibuang’ karena tidak sesuai.. Dari biaya dan kecepatan produksi lebih menguntungkan baja..

Be the first to comment

Leave a Reply