Rossi Diabaikan, Pengembangan Yamaha Fokus Vinales Inilah Hasilnya!

1
Rossi Diabaikan, Pengembangan Yamaha Fokus Vinales Inilah Hasilnya
Mengais Mesin yang Terbakar, Demi Memburu Gelar

RiderTua.com – Musim MotoGP 2020 ini Yamaha mengalami musim terburuk kedua setelah Honda. Bedanya Honda untuk sementara saja ditinggal Marquez. Di tim garputala, yang berpengalaman akan pergi. Valentino Rossi diabaikan, pengembangan Yamaha fokus Vinales inilah hasilnya.. Pelan tapi pasti, satu persatu mesin Yamaha M1 tumbang. Kasus ‘Gas Pol Rem Blong‘ di GP Austria karena Vinales tidak mau ikuti anjuran Brembo ganti rem model baru. Valentino, Franco dan Fabio mereka memakai rem Brembo model Evolusi terbaru (tahan panas).. Bagaimana jika kedepan keputusan tim Vinales ini berisiko bagi Yamaha?. Ini baru masalah rem tapi dampaknya luar biasa.. Bahkan akibatnya Joan Mir batal dapat BMW M4..

Rossi Diabaikan, Pengembangan Yamaha Fokus Vinales Inilah Hasilnya

Massimo Meregalli

Entah itu keputusan tim atau pembalap.. Maverick Vinales, sungguh mengambil risikonya!.. Gambar-gambar kecelakaan di Red Bull Ring menunjukkan kejadian itu.. Rem ‘standar’ yang dipakai Vinales, sedangkan versi ‘evo’ dipakai pembalap Yamaha yang lain, kenapa dia memakai rem yang beda sekali?

Pilihan berbeda pada poin ini dipakai oleh ujung tombak Yamaha, Vinales. Pembalap asal Figueres ini adalah satu-satunya dari empat pembalap yang mengadopsi rem versi ‘standar’ ( lebih kecil kampas atau untuk kondisi biasa). “Brembo telah membawa evolusi sistem pengereman yang dipilih oleh Valentino, Franco dan Fabio,” kata Maio Meregalli.

Bos tim Yamaha Monster MotoGP ini melajutkan. “Maverick, sebaliknya, tidak pernah menderita suhu tinggi seperti yang lainnya. Ditambah, sistem baru tidak memberinya perasaan yang dia cari. Tentu saja, jika kita tahu bahwa hal seperti ini bisa terjadi ( tentu tidak akan dipakai)… Tapi sekarang kita harus memahami dengan tepat apa yang terjadi, bahkan jika itu tidak mudah. Motornya juga tidak dalam kondisi yang baik. Seperti yang telah disebutkan, selain memahami masalah rem, kami juga harus mengharapkan kondisi mesin yang baik, mengingat situasi yang tidak terlalu cerah di Yamaha saat ini, ” ujar Meregalli..

Valentino Rossi - Maverick Vinales

Bagaimana Yamaha dua tahun kedepan apakah akan semakin baik atau sebaliknya, sepeninggal Valentino Rossi ke Petronas..?.. Karena seluruh pengembangan dipusatkan pada Maverick Vinales. Dan kasus awal Gas Pol Rem Blong ini sebagai peringatan awal agar tidak terjadi lagi di kemudian hari dengan kasus lain.. (ridertua)

1 COMMENT

Leave a Reply