Cermati! Kontroversi ‘Track Limits’ GP Styria, yang Benar?

Jika Jorge Martin dan Marco Bezzechi tetap di perdebatkan sampai akhir zaman, maka akan terjadi LOOP.

Kontroversi 'Track Limits' GP Styria
Kontroversi 'Track Limits' GP Styria

RiderTua.com – Ini sepertinya menjadi pertanyaan yang menarik bukan?.. Tentang : Kontroversi ‘Track Limits’ GP Styria.. Jorge Martin kehilangan posisi pertamanya karena dia melaju di area hijau (green zone) pada lap terakhir. Namun yang menjadi perdebatan sekarang adalah karena Marco Bezzechi juga berada di zona hijau itu pada lap terakhir.. Tentu ada aturan yang mengatakan bahwa “Anda tidak boleh menginjak zona green di lap terakhir, meskipun tampaknya tidak disebutkan dari seberapa banyak area hijau yang dilanggar oleh pembalap, dan kemudian bisa dihukum (penalti)”.

Kontroversi ‘Track Limits’ GP Styria

Kontroversi 'Track Limits' GP Styria

Memang sulit jika peraturan tidak jelas ( dilihat dari masih ada pihak yang tidak terima) misalnya kasus Pol Esparagaro yang di keluhkan oleh Suzuki tentang batas trek ( track limits).. Kemudian ada satu pertanyaan, mengapa satu pembalap mendapat penalti karena melebihi batas trek sementara yang lain tidak?.. Karena jelas melakukan hal yang sama. Apa yang dilakukan oleh FIM Stewards seharusnya ini tidak perlu terjadi jika aturan jelas dan tegas dalam penerapannya.

Untuk kasus Pol Espargaro, jelas pihak petugas atau stewards mereka memperhitungkan kontak antar pembalap dan keuntungan yang diperoleh pembalap jika menerabas area hijau atau batas trek..

Kontroversi 'Track Limits' GP Styria
Kontroversi ‘Track Limits’ GP Styria

Marco Bezzechi versus Jorge Martin

Untuk kasus Jorge Martin ini memang agak rumit, namun jika mencermati gambar diatas, keduanya memang menyentuh area hijau (green zone). Namun jika lebih teliti lagi keduanya berada pada tingkat yang berbeda, walau sedikit, dikit banget.. ( coba perhatikan posisi roda depan dan belakang keduanya)..

Jika kedua pembalap tadi di ‘timbang’ maka prosentase menyentuh area hijau lebih banyak Jorge Martin. Dan siapa yang lebih diuntungkan dan siapa yang dirugikan pertama kali itu kata kuncinya.. Atau jika keduanya tetap di perdebatkan sampai akhir zaman, maka akan terjadi LOOP… Martin yang juara satu melanggar dan posisinya diberikan ke Bezzechi.. Karena Bezzechi juga melanggar maka posisi tadi balik lagi ke Martin, begitu seterusnya sampai akhir zaman.. hehe..

Be the first to comment

Leave a Reply