Marquez Butuh Waktu 14 Tahun untuk Mengejar Rekor Podium Valentino Rossi Ini

Jika Rossi kembali mencapai podium 3 teratas di MotoGP Brno pada hari Minggu maka dia meraih podium ke-200 di kelas utama

Valentino Rossi Andalucia 2020

RiderTua.com – Valentino Rossi telah memecahkan beberapa rekor dalam total 404 kali penampilannya di kejuaraan dunia MotoGP. Pembalap MotoGP tim Yamaha Monster ini sekali lagi mulai membuat sejarah. Tempat ketiga di GP Andalusia adalah rekor podium ke-235 di semua kelas dan podium ke-199 di kelas premier MotoGP yang masih tak tertandingi. Dan di GP Brno akan ada kesempatan genapkan podium ke-200 nya. Bicara mengenai podium Marquez butuh waktu 14 tahun untuk mengejar rekor podium Valentino Rossi ini.. Kenapa harus Marquez? karena saat ini hanya dia yang mampu mengejar rekornya…

Marquez Butuh Waktu 14 Tahun untuk Mengejar Rekor Podium Valentino Rossi Ini

Selain itu pada balapan hari Minggu di Jerez, The Doctor berusia tepat 41 tahun dan 161 hari. Dia adalah pembalap tertua ketujuh di podium kelas utama dan yang pertama sejak Jack Findlay pada tahun 1977 untuk kategori 41 tahun atau lebih. Findlay memenangkan GP Austria di era Agostini pada tahun 1977, ketika pembalap Australia itu berusia 42 dan 85 hari.

jumlah Podium rider MotoGP

Selain Findlay dan Rossi, hanya enam pembalap lain yang termasuk dalam kelompok usia 41 yang sukses. Karl Hoppe, Fergus Anderson, Ernst Hiller, Nello Pagani, Jack Ahearn dan Leslie Graham. Yang terakhir bahkan lebih muda dari Rossi di podium terakhirnya.

Rekor jarak Podium Pertama dan Terakhir

Dari lamanya karir balap juga bisa dilihat seberapa kompetitif dan produktif pembalap naik podium… Dilihat dari rekor waktu terpanjang antara podium pertama dan terakhir di kelas tertinggi (500/MotoGP). Valentino Rossi sudah berada di puncak peringkat bahkan sebelum GP Andalusia. Sekarang dia memperbesar rekornya menjadi 20 tahun dan 87 hari (20 tahun 2 bulan 28 hari). Tidak ada pembalap lain yang mampu mendekati angka 20 tahun dalam sejarah 71 tahun Kejuaraan Dunia MotoGP. Alex Barros yang berada di posisi kedua saja rekornya 14 tahun 341 hari. Marc Marquez ? dia memang baru turun di kelas utama tahun 2013 dan rekornya masih 6 tahun 7 bulan 10 hari..

Rossi Dilepas Yamaha? Ingat Sponsor Yamaha yang Hengkang Saat ...

Hal menarik lainnya adalah ketika Rossi naik ke podium di kelas utama untuk pertama kalinya di Jerez 2000. Fabio Quartararo baru berusia 1 tahun dan sepuluh hari .

Jika Rossi kembali mencapai podium 3 teratas di MotoGP Brno pada hari Minggu maka dia meraih podium ke-200 di kelas utama. Pada saat yang sama, dia akan menjadi pembalap tertua sejak Jack Ahearn pada tahun 1966. Yang berada di podium kelas utama dalam dua balapan berturut-turut. Jangan sepelekan rekor pembalap ter-tua, karena tidak semua pembalap bisa mencapainya, entah cedera atau kejadian lainnya…

2 Comments

  1. Di film dokumenter Hitting the Apex, MM bilang kalo doi fokus mengejar kemenangan setiap balapan dan menjadi juara dunia, memecahkan sekian banyak rekor hanya sebagai “bonus”.

Leave a Reply