Youssoufa Moukoko Wonderkid 15 Tahun yang Luar Biasa Milik Borussia Dortmund

RiderTua.com – Bola – Tak pernah habis klub asal Jerman, Borussia Dortmund mencetak pemain muda handal. Youssoufa Moukoko kini jadi sorotan. Wonderkid yang masih berusia 15 tahun ini tampil luar biasa. Di usia yang masih belia dia sudah berhasil menapakkan jejaknya di dunia sepakbola Jerman.

Youssoufa Moukoko Wonderkid 15 Tahun yang Luar Biasa Milik Borussia Dortmund

Dilansir dari Marca, meski masih berusia 15 tahun, Moukoko sudah berlatih bersama tim utama Borussia Dortmund sejak Januari lalu. Dia adalah prospek baru untuk masa depan klub.

Terobosannya itu membuat Federasi Sepakbola Jerman (DFL) terpaksa mengubah peraturan. Sebelumnya, para pemain tidak boleh melakukan debut bersama tim utama di kompetisi Bundesliga hingga berusia 16 tahun 6 bulan. Namun usia minimum itu kini berubah menjadi hanya 16 tahun saja. Peraturan baru ini sampai dijuluki ‘hukum Moukoko’.

Nuri Sahin saat ini memegang rekor sebagai debutan termuda di Bundesliga. Dia melakukan debut bermain untuk Dortmund pada usia 16 tahun, 11 bulan dan satu hari.

Kepada Kicker, koordinator pemain muda Dortmund, Lars Ricken mengatakan “Moukoko memiliki apa yang diperlukan untuk mencapai level tertinggi.”

Remaja kelahiran Kamerun ini telah berlatih bersama tim utama di pramusim. Tetapi dia ingin untuk tetap bersama tim U-19 di musim mendatang.

Saat bermain untuk tim U17, Moukoko telah mencetak rekor 90 gol dalam 56 pertandingan. Dia menorehkan 34 gol dalam 20 pertandingan pertamanya untuk tim U19. Pada usia 12 tahun, dia sudah melakukan debut untuk U17 Dortmund dan Timnas Jerman U16.

Pada November lalu, Direktur Olahraga BVB Michael Zorc mengatakan “Moukoko adalah bakat luar biasa dan kami ingin dia belajar bagaimana caranya berlatih dan bermain dengan orang dewasa.”

Borussia Dortmund sudah menawarkan bakat-bakat luar biasa dari pemain-pemain mudanya. Kualitas yang dihasilkan tak perlu diragukan lagi. Lihatlah betapa cemerlangnya pemain mudanya seperti Erling Haaland, Jadon Sancho, Giovanni Reyna dan Jude Bellingham.

Mereka adalah aset berharga bagi klub. Tak salah jika mereka menjadi rebutan banyak klub top Eropa.

Be the first to comment

Leave a Reply