3 Treatment Khusus dari Michelin Ini Membuat 3 Motor Yamaha Semakin di Depan!

Petunjuk dari pemasok ban MotoGP (Michelin) ini tampaknya telah membuahkan hasil bagi trio Yamaha (Fabio Quartararo, Maverick Vinales dan Valentino Rossi) menjejak podium.

Morbidelli Layak Berada di Tim Pabrikan [Edisi Yamaha Salah Lagi]
Morbidelli Layak Berada di Tim Pabrikan [Edisi Yamaha Salah Lagi]

RiderTua.com – Ternyata ada perlakuan istimewa (treatment khusus) untuk ban MotoGP sebelum balapan.. Dan hal ini dianjurkan oleh pemasok ban asal Perancis Michelin, bagi semua pembalap untuk melakukannya dalam sesi pemanasan (Warm-up). Dilansir dari media autosport.com, tujuannya adalah membuat kondisi ban ‘siap tempur’ dan memicu reaksi kimia pada karet ban sebelum dipakai balapan. Dan berkat mengikuti 3 treatment khusus dari Michelin ini membuat 3 motor Yamaha Semakin di Depan…

3 Treatment Khusus dari Michelin Ini Membuat 3 Motor Yamaha Semakin di Depan

Ban Soft Warm-up
Ban Soft setelah sesi Warm-up

Fabio Quartararo diatas motor Yamaha menang di kedua seri Jerez berkat mengikuti petunjuk Michelin. Instruksi Michelin disinyalir berkontribusi terhadap keberhasilan Quartararo, Vinales dan Rossi. Pembalap Yamaha melaksanakan rekomendasi yang dikeluarkan oleh pemasok ban Perancis itu sebelum balapan.

Di laporkan dari media berbahasa Inggris Autosport.com, perusahaan Perancis Michelin itu mengirim email ke semua tim selama MotoGP 2020 . Dmana di akhir pekan kedua mereka merekomendasikan setiap pembalap untuk “membersihkan” ban belakang soft dalam sesi pemanasan (warm-up) hari Minggu.

3 Treatment Khusus

“Menggosok” atau scrub dilakukan pada ban selama tiga lap dengan aturan sbb: (satu lap lambat, satu lap cepat dan satu lagi mengitari lintasan). Fungsinya untuk melepas lapisan film dari ban, kemudian dibiarkan dingin sebelum dimasukkan kembali ke dalam selimut termal (tire warmers). Hal ini dikatakan oleh Michelin akan memicu reaksi kimia pada karet abn. Prosedur ini membuat ban lebih tahan panas, dengan suhu kerja 10 ° C lebih dingin dari biasanya.

Sebuah petunjuk lain yang menentukan kemenangan bagi Yamaha dan perbaikan bagi Suzuki pada hari Minggu di mana suhu aspal telah menyentuh 60 ° C. Seorang juru bicara dari Michelin menjelaskan: “Dari waktu ke waktu kami membuat rekomendasi kepada tim yang kami percaya dapat membantu mereka, tetapi pilihan akhir ada pada mereka. “

Petunjuk dari pemasok ban MotoGP (Michelin) ini tampaknya telah membuahkan hasil bagi trio Yamaha (Fabio Quartararo, Maverick Vinales dan Valentino Rossi)… menjejak podium. Sementara Morbidelli bermasalah dengan mesin M1-nya.. Untuk mesin inline-4 yang lain (Suzuki), Joan Mir finish di urutan kelima sebagai salah satu hasil terbaiknya di MotoGP. Alex Rins masuk 10 besar setelah memulai dari baris terakhir, tetapi dengan kondisi sakit di bahu yang jelas menghambatnya.

Suhu Ban MotoGP 120 Derajat, Bisa untuk Merebus Air? - ridertua.com
Suhu Ban MotoGP mencapai 120° C kondisi kering dan 80° C saat hujan

Tak Biasa dilakukan !

Fabio Quartararo mendulang kesuksesan dua kali berturut-turut. Namun kali ini dia melakukannya dengan cara berbeda dalam mempersiapkan ban. “Biasanya kami selalu memulai dengan ban baru di grid start. Tapi kali ini kami memutuskan untuk membuat tiga lap dengan ban di sesi pemanasan di pagi hari dan kemudian saat perlombaan memakai ban yang sudah digunakan itu. Itu berdampak pada hasilnya,” kata Fabio…

Valentino Rossi juga menjalankan anjuran Michelin dan setelah waktu yang lama dia tidak lagi menderita cengkeraman ban belakang. Treatment itu juga memiliki efek yang bagus bagi Yamaha dan Suzuki. Bagaimana dengan mesin V4 Honda, Ducati dll..?

Dalam dunia kecantikan Scrubbing adalah sebuah proses menggosok kulit dengan butiran halus scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Hasilnya kulit akan menjadi halus, mulus, lembut dan bercahaya.. loh kok lari ke salon

Be the first to comment

Leave a Reply