Kenapa Demi Seorang Marc Marquez MotoGP Rela Mengubah Aturan?

Keputusan ubah aturan rookie disetujui oleh tim-tim MotoGP, kecuali Tech 3, LCR dan Gresini .

RiderTua.com – Jika kita kembali ke tahun 2012, maka setiap pembalap yang punya bakat luar biasa akan di plot sebagai ‘The Next Rossi’. Memang, dengan kepribadiannya yang gemerlap dan kecepatan yang tak terbantahkan, Marquez dianggap oleh banyak orang sebagai The Next Valentino Rossi dalam hal popularitas penggemar dan kesuksesan balap di kelas MotoGP. Pastinya bukan dari sisi karakter dan gayanya, tidak ada orang yang identik atau sama persis.. Bahkan meskipun kesininya dia gagal membawa estafet dari penggemar Rossi. Marc Marquez adalah salah satu fenomena dari Spanyol yang saat itu masih berusia 19 tahun. Dia adalah pewaris Casey Stoner di tim Repsol Honda MotoGP. Walau sebenarnya dia tidak boleh mewarisi tempat Stoner saat itu kerena regulasi.. Namun kenapa demi seorang Marc Marquez MotoGP rela mengubah aturan?..

Austin-2013-marc-marquez
2013

Kenapa Demi Seorang Marc Marquez MotoGP Rela Mengubah Aturan?

Marquez saat itu merupakan juara dunia 125cc termuda kedua dalam sejarah. Tahun 2010 di kelas 125cc, dia kantongi 10 kemenangan dan 12 posisi pole. Meski berada di peringkat kedua dunia tahun 2011, Marquez hampir pasti merupakan pembalap tercepat di kelasnya. Nasib buruk, dan efek gegar otak jelang akhir tahun membuat dia harus melupakan gelar juara.

Sementara Marquez yang tahun 2013 pindah ke MotoGP, dimana Tim resmi Repsol Honda inginkan dia. Namun regulasi rookie atau aturan pemula mencegahnya. Ada larangan bagi pemula langsung ke tim resmi/ pabrikan.. Bahkan jika Marc ke satelit akan menimbulkan masalah bagi Repsol

Derbi GPR125 Red Bull Marc Marquez 2010

Honda Repsol Berusaha Sekali Dayung

Kenapa Honda-Repsol mengusulkan merubah aturan?

  1. Melihat Marc sebagai sebuah fenomena baru Spanyol, Repsol sudah melihat bakat Marquez dari kelas pemula..
  2. Marquez memiliki hubungan lama dengan raksasa minyak dan gas Spanyol, Repsol. Marc orang Spanyol, dimana Spanyol sangat mendukung atlet-atletnya..
  3. Tim satelit Honda disponsori oleh perusahaan minyak yang merupakan saingan Repsol yaitu Castrol (sponsor San Carlo Honda Gresini) dan ELF (sponsor LCR Honda). Inilah yang menciptakan masalah rumit bagi Repsol, ibarat dia tidak mau pembalap terbaik yang sudah dididiknya lepas ke tangan saingan dagang-nya ( Castrol dan ELF).

Sehubungan dengan pensiunnya Casey Stoner, Honda ngotot ingin membawa Marquez langsung ke tim pabrikan Repsol Honda, tetapi hanya mungkin jika aturan rookie diubah…

aki-ajo-marc-marquez-2010

Dan Akhirnya..

Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna, akhirnya menyatakan bahwa asosiasi produsen (MSMA) saat itu memutuskan untuk membatalkan peraturan yang melarang pembalap pemula (rookie) untuk bergabung dengan tim pabrikan. Sehingga dengan ubahan aturan ini membuka pintu bagi Marc Marquez untuk bisa langsung ke tim resmi Honda. Saat itu dia menjadi rekan setim Dani Pedrosa di Repsol Honda.

Yang jelas saat itu keputusan disetujui oleh tim-tim MotoGP, kecuali Tech 3, LCR dan Gresini . Dimana ketiga tim satelit ini memutuskan bahwa lebih penting untuk mempertahankan pembalap mereka yang ada, daripada memiliki kemungkinan mendapatkan pembalap baru yang berasal dari kategori lain..

Jadi begitu kuatnya pengaruh Honda dan Repsol saat itu ya..

2 Comments

  1. Dani saat 2006 langsung ke repsol honda, krn keputusan itu televonica movistar mundur dari grandprix krn mereka punya andil besar menyokong dani dari 125 dan 250 yang seharusnya projectnya berlanjut naik rc11v movistar gresini

    Hohe99 pun saat naik ke kelas raja langsung ke pabrikan yamaha saat 2008

    • Ya jelas lah aturan rookie itu mulai berlaku tahun 2010.. diterapkan sebagai bagian dari dorongan utk pemangkasan biaya MotoGP 2010, dan bertujuan untuk menyalurkan bakat baru di tim satelit.. dan di 2012 dihapus krn usulan Honda demi MM langsung ke Repsol, kalau tidak dihapus dia paling tidak setahun di tim satelit..

Leave a Reply