Honda PCX Anyar akan Dipasang Fitur Mirip Yamaha NMAX ?

RiderTua.com – Segmen skutik bongsor Indonesia disesaki oleh persaingan antara Honda PCX dan Yamaha NMAX. Keduanya bersaing secara ketat, seakan tak mau kalah satu sama lain. Agar bisa setara dengan rivalnya, Honda sudah menyiapkan PCX anyar dengan fitur seperti NMAX. Lalu fitur apa saja itu?

honda pcx hybrid di IIMS 2018
(Foto: otomotif kompas.com) honda pcx hybrid di IIMS 2018
Baca juga: Penampakan Motor Baru Honda Livo 110, ‘Saudaranya’ MegaPro ?

Honda PCX Anyar Dengan Fitur NMAX

Informasi tersebut diungkapkan oleh salah satu media dari Thailand, dimana negara ini menjadi basis produksi PCX. Disebutkan kalau PCX terbaru ini akan menjadi model all new, yang artinya Honda akan memberi perombakan besar. Walau belum jelas akan seperti apa sosoknya nanti.

All New PCX akan mendapatkan platform sasis baru, yang mungkin saja mirip dengan eSAF yang digunakan pada model Genio dan All New Beat. Sistem pengeremannya memakai cakram depan-belakang dengan sistem ABS. Kemudian sistem kontrol traksi alias traction control HSTC akan disematkan pula.

Setara Dengan NMAX

Tak hanya platform dan fitur tambahan, Honda dikabarkan akan memberi peningkatan pada mesinnya. Jika biasanya PCX menggunakan mesin 150 cc, maka di model terbarunya akan meningkat hingga 157 cc. Katup mesinnya bertambah menjadi 4 katup, sehingga akselerasinya bisa ikut meningkat.

2017-Yamaha-NMAX-155
2017-Yamaha-NMAX-155

Sistem katup tersebut disebut memiliki teknologi variabel VTEC, mirip VVA pada NMAX. Sepertinya akan ada banyak fitur yang disematkan pada PCX, sehingga skutik ini bisa setara dengan rivalnya yang lebih dulu memiliki fitur tersebut. Walau Honda sendiri tak mau menggemborkan info apapun soal All New PCX untuk saat ini.

Kalau memang benar semua fitur itu dihadirkan, bisa dibayangkan persaingan kedua skutik ini akan menjadi semakin seru. Harganya tentu akan naik dengan hadirnya model all new ini, tapi setidaknya PCX bisa selangkah lebih maju.

3 Comments

  1. Yg utama bisa naikin harga , fitur ngikut + bisa mengarungi sungai sedalam 2 meter , mantap

Leave a Reply