Motor Custom Ini Punya Desain Nyleneh Tapi Penuh Makna!

RiderTua.com – Jika dilihat dari jauh, pasti enggak akan tertebak motor custom ini pake basis motor apa. Motor yang punya desain nyleneh ini ternyata berbasis motor Harley Davidson XR1200. Meski punya tampilan yang ‘tak biasa’ ternyata desain ini mengandung makna yang dalam.

Baca juga: Inilah 10 Foto Kereta Dorong Bayi Custom Sepeda Motor .. Baby Zaman Now !!

Motor Custom Ini Punya Desain Nyleneh Tapi Penuh Makna!

Motor custom ini terinspirasi dari sub-kultur ‘Bosozoku’ yang punya arti ‘suku yang nekat’. Bosozoku lahir dari budaya genk motor di Jepang tahun 1950-an.

David Chang dan Andrew Blaschko dari CROIG menuangkan inspirasinya itu ke dalam sebuah motor, yang pada akhirnya punya desain yang ‘out of the box’ tak seperti modifikasi motor pada umumnya.

Tak hanya desainnya yang terlihat ‘aneh’, namun nama motor ini juga cukup bikin kening berkerut. David dan Andrew menamakan motor ini ‘Kurry Souce’ atau saus kari. 

Kepada Pipeburn, David mengatakan “Inspirasi utama tentu kultur Bosozoku di Jepang. Namun kami juga terinspirasi dengan aliran chopper, balap flat tracker ‘Super Hooligan’ dan cafe racer.”

Modifikasi yang dilakukan David dan Andrew ini memang tak biasa. Biasanya orang Jepang kalau membangun motor Bosozoku akan menggunakan basis dari Kawasaki KZ200 (Kawasaki Binter di Indonesia). Namun mereka berdua berani mencomot Harley Davidson XR1200 sebagai basis.

Salah satu ciri paling menonjol dari motor beraliran Bosozoku adalah fairing model cafe racer yang dipasang tinggi. Meski posisi fairing ini membuat sulit melihat jalan, namun berfungsi baik untuk fairing angin.

Harley Davidson XR1200 pun berubah bentuk dengan fairing menukik ke atas dan buritan ala motor chopper. Anehnya tak sampai disitu, motor ini dilabur warna putih dengan lukisan bunga sakura warna pink yang terlihat feminim. Namun siapa sangka desain ‘aneh’ ini menyimpan sebuah makna.

Bertampang Agresif Namun Membawa Perdamaian

David pun menjelaskan panjang lebar proses pembuatan motor beraliran Bosozoku ini. “Gambar konsep oleh Jeremy di Downshift Studios, desain grafis oleh Impulse Creative, dan bodi custom dari aluminium buatan Jake Krotje,” jelasnya.

“Meski posisi fairing membuat sulit melihat jalan, namun hal itu berfungsi dengan baik sebagai fairing angin. Tangki dan setang dari TC Bros frisco, buritan terinspirasi dari Crazy Frank ala motor chopper, dan set ban model RSD Super Hooligan,” imbuhnya.

David mengaku sedikit merasa gugup terkait bagaimana tampilan motor pada akhirnya karena memang betul-betul berubah dari aslinya. Namun dia kemudian cukup lega karena pada akhirnya, desain yang dia buat itu malah membuat motor hasil karyanya tersebut jadi populer.

“Setelah bertukar ide desain dengan Impulse Creative, kami meminta audiens kami untuk memilih desain favorit mereka dan menyuarakan pendapat mereka,” katanya.

“Hasilnya adalah apa yang Anda lihat sekarang, ada dua sisi yang berbeda alias two face. Di satu sisi adalah desain gelombang yang menunjukkan sisi badai dan agresif, sementara sisi lainnya dengan bunga sakura yang merupakan lambang perdamaian,” tambahnya.

“Kami tahu tidak semua orang akan menyukai ‘Kury Sauce’, tapi idenya adalah mendorong orang untuk berpikir di luar batas, untuk menjadi kreatif tidak perlu takut untuk mencoba hal yang berbeda,” tutupnya.

Be the first to comment

Leave a Reply