Fungsi Leher Knalpot Besar di Yamaha All New NMAX 2020

RiderTua.com – Motor – Jika melonggok ke bagian kolong Yamaha All New NMAX 155, akan terlihat ada bagian leher knalpot yang sedikit lebih besar. Dan inilah fungsi leher knalpot besar di Yamaha All New NMAX 2020.

Baca juga : Pilihan Warna, Harga dan Spesifikasi Lengkap All New Yamaha NMax 155 2020

Fungsi Leher Knalpot Besar di Yamaha All New NMAX 2020

Ada bagian menggembung di leher atau header knalpot Yamaha All New NMAX 155. Tak sembarangan, ternyata ada fungsi teknis tersendiri dari leher knalpot yang berukuran lebih besar itu. M. Abidin selaku GM Aftersales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan

“Bagian yang lebih besar di leher knalpot itu berisi catalytic converter. Di NMAX ini fungsinya cuma untuk membuat gas sisa pembakaran lebih ramah lingkungan,” “

Catalytic converter berfungsi sebagai penyaring gas buang sisa pembakaran agar lebih ramah lingkungan.

Jika dilihat lebih seksama, bentuknya mirip dengan powerbomb atau megabomb yang sering ditemui di knalpot motor trail. Namun ternyata fungsinya sangat berbeda.

Powerbomb di knalpot motor trail berfungsi untuk mengantisipasi tendangan balik dari gas buang. Penerapan powerbomb atau megabomb di knalpot motor trail umumnya untuk membuat tarikan mesin di putaran bawah lebih bertenaga.

Be the first to comment

Leave a Reply