Yamaha XSR155 Motor Modern Berbalut Neo Klasik

RiderTua.com – Motor – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan model terbaru di segmen naked sport. Bersamaan dengan diluncurkan Yamaha XSR 155R ini, PT. YIMM juga meluncurkan Yamaha All New Nmax 2020. Yamaha XSR155 motor modern berbalut neo klasik.

Baca juga : Pilihan Warna, Harga dan Spesifikasi Lengkap All New Yamaha NMax 155 2020

Yamaha XSR155 Motor Modern Berbalut Neo Klasik

Motor yang diperkenalkan pertama kali di Thailand ini sontak menyedot perhatian  khalayak. Selama ini Yamaha selalu mengeluarkan motor-motor sport berdesain sporty dan modern namun kali ini Yamaha membuat gebrakan baru dengan mengeluarkan motor berbau klasik.

Yamaha XSR 155R ini mengusung tagline ‘sport heritage’. Yamaha sukses mengkolaborasikan desain motor klasik dengan sentuhan modern.

Klasik

Karakter khas motor klasik terpampang nyata dari desain lampu yang bulat, bentuk tangki yang lonjong, dan jok datar warna coklat muda dengan aksen garis-garis yang ikonik.

Pada area kolong mesin, terdapat undercowl untuk melindungi dari cipratan lumpur. Sementara untuk knalpot punya bentuk yang lumayan besar. 

Aplikasi teknologi LED dan DRL (Day Running Light) pada head lamp, serta teknologi LED pada lampu rem, semua serba modern. Namun untuk 4 lampu sein-nya masih menggunakan bohlam.

Panel Instrumen 

Tak ketinggalan, kesan modern juga terdapat di bagian panel instrumen. Alat penunjuk fungsi dan indikator ini sudah full digital dengan layar negative display. Meskipun panel MID (Multi Information Display) ini berbentuk bulat kecil, namun informasi yang tersaji di dalamnya cukup lengkap.

Informasi yang tersaji pada panel MID ini terdiri dari speedometer, tachometer, indikator gear, trip 1, trip 2, trip F, jam, konsumsi bahan bakar real time, konsumsi bahan bakar rata-rata, kecepatan rata-rata, odometer, indikator bahan bakar, hingga indikator VVA (Variable Valve Actuation) semua ada.

Tak hanya itu, di luar panel instrumen terdapat indikator gigi netral, engine check, lampu sein, temperatur mesin, dan high beam.

Yamaha XSR ini juga sudah menggunakan big bike switch seperti yang terdapat pada Yamaha Xabre, MT-15, ataupun MT-25 terbaru. Jadi tinggal geser tuas merah ke bawah untuk menyalakan mesin dan geser ke atas untuk mematikan mesin (kill switch).

Sasis Deltabox XSR

Untuk urusan sasis, Yamaha masih menggunakan model rangka deltabox di XSR ini. Sebelumnya rangka jenis ini sudah dipakai di R15, Vixion, Xabre, dan terakhir MT-15. Namun sasis deltabox pada XSR tentunya sudah disesuaikan, khususnya di bagian subframe dimana posisinya tampak lebih rata.

Yamaha XSR 155R ini dibekali dapur pacu 155 cc, SOHC, 4 klep, dengan output daya maksimum 14,2 kW di 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Mesin ini sama dengan kepunyaan R15, Vixion, Xabre maupun MT-15.

Mesin ini juga mengadopsi teknologi VVA (Variable Valve Actuation) yang bisa menjaga tenaga mesin tetap maksimal di setiap putaran rpm. Selain itu, Yamaha XSR155 sudah dilengkapi teknologi Assist & Slipper Clutch yang membuat tuas kopling menjadi lebih ringan ketika ditarik.

Ergonomi

Yamaha XSR 155R memiliki dimensi, panjang 2.007 mm lebar 804 mm dan tinggi 1.080. Sedangkan tinggi joknya 810 mm. Untuk posisi mengemudi, Yamaha XSR menawarkan gaya berkendara santai. Sebab menggunakan setang lebar, dengan tambahan raiser yang membuat posisinya cukup tinggi. Touring jauh ? Siapa takut ? Nyaman uey !

Beralih ke kaki-kaki, XSR 155R ini menggunakan pelek aluminium dengan ukuran 17 inci dibalut ban depan pakai profil ukuran 110/70 dan belakang pakai profil ukuran 140/70. Jenis bannya sudah menggunakan dual purpose, jadi sangat matching dengan desain XSR secara keseluruhan. Yamaha XSR punya berat isi 134 kg, dengan kapasitas tangki 10,4 liter.

Be the first to comment

Leave a Reply