5 Momen yang Banyak Menjadi Sorotan di MotoGP Australia, Nomor 3 Memilukan !

MotoGP_Phillip_Island_Grand_Prix_Circuit
Phillip Island Grand Prix Circuit MotoGP

RiderTua.com – MotoGP Australia menyisakan banyak cerita yang patut dilihat di Sirkuit Phillip Island. Di 3 kategori banyak momen menarik yang panjang jika disusun sebagai berita. Namun setidaknya ada 5 momen yang banyak menjadi sorotan di MotoGP Australia…

Berikut adalah beberapa poin menarik dari balapan akhir pekan di trek negeri Kanguru itu:

1. Double Crash Quartararo

Fabio Quartararo menjadi protagonis di seri Australia. Setelah menyandang rookie 2019 dia menjadi salah satu pembalap ‘terpanas’ di MotoGP. Namun kesalahan setingan motor membuatnya terbang dari atas setang motor Petronas SRT Yamaha-nya pada sesi latihan pertama hari Jumat. Akibat kejadian itu dia harus melewati sesi Q1.

Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu Fabio berhasil menjadi yang tercepat di Q1 dan di Q2 melejit di posisi ke-2.. Namun tragisnya semua usaha itu menjadi sia-sia ketika dia terlibat insiden dengan rider Ducati, Danilo Petrucci di tikungan-2, meski demikian Fabio menunjukkan bahwa dia memiliki potensi serta kecepatan bagus.

2. Kejutan Aprilia-Andrea Iannone

Andrea Iannone yang memiliki banyak pengikut di jejaring sosial, dan lebih terkenal karena lingkungan “Artis” nya yang glamor, tidak diragukan lagi sangat cepat di Sirkuit Phillip Island.

Trek Australia terbukti cocok dengan gaya balap Iannone dan paket motor Aprilia. Sempat memimpin balapan di enam lap pertama. Walau tidak bertahan lama karena dia melorot ke urutan keenam hingga bendera kotak-kotak dikibarkan.

Sebagai catatan tambahan bahwa trek Australia memang cocok buat dia adalah, Iannone pernah menjejak podium dengan motor Ducati dan Suzuki.. Jika Aprilia dan Iannone menemukan paduan paket balap yang apik tidak diragukan lagi akan menjadi ancaman beberapa pembalap musim depan ( 2020).

3. ‘Last Lap Crash’ Memilukan Vinales

Performa apik Maverick Vinales membuat banyak orang bertaruh padanya sebagai pemenang balapan. Dia mendominasi sesi latihan, baik kondisi basah atau kering dan kantongi posisi pole lebih dari setengah detik. Bahkan Marc Marquez sepertinya jarang melakukannya .

Dalam race butuh waktu bagi Maverick untuk berada di barisan depan, tetapi begitu dia “sudah panas”, dia terlihat meyakinkan sebagai pemenang MotoGP Australia. Marquez pun tidak kalah garang, dia melakukan yang terbaik, hingga ban belakang Michelin hancur untuk menghentikan laju Vinales. Memilukan di saat menyisakan satu lap pamungkas Vinales terjatuh. Begitu dia terlepas dari motornya hampir bisa dipastikan semua penonton menghela napas …hahhh..

4. Gelar Dunia Lorenzo Dalla Porta

Setahun yang lalu, Lorenzo Dalla Porta digadang-gadang menjadi juara dunia namun hanya mampu peringkat kelima di Moto3 2018. Namun tahun ini dia menjadi orang yang harus dikalahkan. Walau tidak banyak yang menjagokan dia dengan hanya tiga kemenangan dan enam podium kedua, kemenangan tipis +0.077 dari rekan setimnya menjadi penentu gelar dunia tahun ini…

Dalla Porta start dari posisi keenam di Phillip Island, dan turun ke posisi kesembilan di lap awal. Menghindari risiko kerumunan 20 motor yang membuntutinya, Lorenzo menggunakan strateginya, menghindari masalah dan bergerak ke depan. Akhirnya tidak ada yang mampu membendung lajunya setelah memimpin delapan putaran terakhir perlombaan. Selama lap terakhir dia sangat cepat.. Dia tahu dia memiliki kecepatan untuk menang dan dia memastikan bahwa lawan juga mengetahuinya.

5. Brad Binder yang Bersinar

Brad Binder akan memiliki peluang dua gelar dunia sekarang dia adalah juara dunia Moto3 tahun 2016. Pembalap KTM Red Bull mendominasi balapan dan begitu dia memimpin, Binder tidak tersentuh, terutama karena rekan setimnya Jorge Martin sedang “mengawal” tepat di belakangnya.

Sementara pemimpin klasemen Alex Marquez sedang berjuang, Binder seperti tak terbendung. Dalam 10 putaran terakhir dia telah mencetak tiga kemenangan dan empat kali naik podium. Dia akan pergi balapan ke Malaysia akhir pekan ini dengan peluang matematis untuk merebut gelar dunia Moto2, dan Marquez mulai terlihat goyah. Apa pun yang terjadi, juara dunia atau tidak, Binder sudah mengamankan kursi di tim resmi Red Bull KTM MotoGP untuk tahun 2020 disamping Pol Espargaro… Mantab..!

Trending Artikel Minggu Ini ( TOP3):

  1. Crutchlow Pada Zarco: Melempar Minyak ke Atas Api, Entah Apa yang Merasukinya?
  2. Dovizioso Kunci Gelar Runner-up dan Poin Marquez di Honda ‘Bumi-Langit’ !
  3. Jatuhnya Petrucci karena Menghindari Marquez !

Be the first to comment

Leave a Reply