Pajak Emisi Mobil Terbaru Sudah Keluar, Ini Isinya

(Foto: Carvaganza.com)

RiderTua.com – Mobil – Setelah menanti lama, akhirnya pemerintah Indonesia mengeluarkan pajak mobil terbaru. Namun berbeda dengan sebelumnya, pajak tak lagi berdasar bodi kendaraan. Tetapi emisi gas buang yang dhasilkan. Pajak emisi mobil terbaru sudah keluar, ini isinya.

(Foto: Carvaganza.com)
Baca juga: Mobil Konsep Mitsubishi Ini Bisa Tenggak Minyak Tanah Sampai Alkohol !

Pajak Emisi Mobil Terbaru Sudah Keluar, Ini Isinya

Banyak yang sudah menduga kalau mobil listrik akan mendapat insentif, dan sudah terbukti. Dilansir dari Liputan6.com (24/10/2019), mobil listrik murni berdaya angkut kurang dari 10 orang mendapat PPnBM 15 persen dan dasar pajak nol persen.

Aturan tersebut juga berlaku untuk semua jenis mobil hybrid. Walau begitu, PPnBM yang diberikan tergantung dari kapasitas silinder mesin. Mulai dari 15, 25, sampai 30 persen.

Karena mobil listrik dan hybrid mendapat insentif, maka LCGC sudah tidak mendapat perlakukan istimewa lagi. Mobil jenis ini sudah mendapat PPnBM sebesar 15 persen dan dasar pajak 20 persen.

mobil-lcgc
mobil-lcgc

Untuk mobil berkapasitas dibawah 3.000 cc kena PPnBM 15 persen untuk emisi dibawah 150 gram/km, atau 20 persen untuk emisi 200 gram/km. Bagi mobil yang menghasilkan emisi 200-250 gram/km dikenakan PPnBM 25 persen. Emisi lebih dari itu bisa mencapai 40 persen.

Sementara mobil berkapasitas 3.000-4.000 cc mendapat PPnBM 40 hingga 70 persen. Kedua jenis ini meliputi mobil bensin dan diesel. Namun aturan ini baru dijalankan mulai tanggal 16 Oktober 2021.

Be the first to comment

Leave a Reply