Categories: MotoGP

MotoGP Indonesia Mandalika Lombok: Apa yang Akan Terjadi, Menjadi Seri Keberapa?

RiderTua.com– “Betapa unik proyek ini, memiliki sirkuit perkotaan kelas dunia di mana MotoGP memiliki pengikut yang begitu besar. Indonesia adalah pasar utama bagi kami dengan persentase penggemar motorsport yang tinggal, di sini dan atmosfer MotoGP akan semakin kuat begitu sirkuit selesai. ” kata Carmelo Ezpeleta, Dorna MotoGP CEO. MotoGP Indonesia Mandalika Lombok: Apa yang akan terjadi, menjadi seri keberapa?

MotoGP Indonesia Mandalika Lombok

Lombok adalah surga wisata yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ini adalah titik fokus banyak investor, bukan hanya karena flora dan fauna yang unik. Dengan destinasi seperti Lombok dapat menikmati arus investasi dan pertumbuhan ekonomi, demikian pula Indonesia secara keseluruhan. Investasi yang berasal dari sumber-sumber pemerintah daerah dan investasi asing mengubah lanskap pulau-pulau yang sebelumnya sepi menjadi apa yang sekarang disebut pemerintah sebagai “10 Bali Baru”.

Lombok: Permata Tersembunyi

Lombok muncul sebagai salah satu tujuan investasi teratas di Asia. Diberkati dengan pantai-pantai yang indah, dan perairan biru jernih yang sempurna untuk berselancar dan menyelam, terletak di dekat pulau-pulau Bali dan Komodo yang terkenal.

Dengan hari-hari cerah dan suhu tidak melebihi 33C dan tidak turun di bawah 21C, wisatawan berbondong-bondong ke Lombok sebagai alternatif daripada Bali untuk pantai-pantai yang kurang ramai, untuk menyelam di lautan aquamarine yang jernih atau berselancar ombak terkenal di dunia di surga tropis yang tak tersentuh ini .

Ekonomi Utama

Sebuah proyek bernilai US $ 3 miliar yang disebut Proyek Mandalika saat ini sedang dikembangkan di Lombok Selatan di daerah seluas sekitar 1175 hektar dan sekitar 16 km garis pantai yang masih asli. Dengan dukungan dari Perusahaan Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) yang didukung pemerintah, proyek ini adalah salah satu yang terbesar di Asia Tenggara dan bertujuan menjadikan Lombok sebagai tujuan wisata kelas dunia.

Kenapa Kuta Mandalika?

Presiden Joko “Jokowi” Widodo meresmikan Zona Ekonomi Khusus Mandalika (ZEK) pada Oktober 2017 dengan tujuan khusus mempromosikan pariwisata. Mandalika berjarak 40 kilometer dari ibukota provinsi, Mataram, dan terletak di dekat pantai Kuta di sisi baratnya. Zona Ekonomi Khusus diharapkan berbeda dari tujuan wisata utama seperti Nusa Dua di Bali, yang terkenal dengan pertemuan bisnis dan pameran.
Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan berbagai fasilitas, jalan, dan infrastruktur termasuk lebih dari 10.000 kamar hotel mewah dan sirkuit jalanan balap motor internasional.

Tuan rumah untuk Acara Balap Motor Mega

Indonesia dipilih untuk menjadi tuan rumah acara kejuaraan balap sepeda motor kelas dunia sekali lagi – MotoGP. Sudah lebih dari dua dekade sejak acara semacam ini diadakan di Indonesia. Namun, impian MotoGP masih hidup kembali setelah kesepakatan disepakati dengan MotoGP Dorna Sport pada akhir 2018. Sebuah trek kini sedang dikembangkan di pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat. Dengan konstruksi dimulai pada Oktober 2019 – sebuah proyek yang dikelola oleh perusahaan konstruksi Prancis Vinci.

MotoGP: Kompetisi Premier Motorsport

MotoGP adalah turnamen kejuaraan balap jalan utama. Ini berakar di Eropa di mana ia muncul setelah FIM (Federation Internationale de Motorcyclisme). Memberlakukan peraturan untuk balap motor untuk pertama kalinya pada tahun 1949.

Hak komersial sekarang menjadi milik Dorna Sports, dengan FIM bertindak sebagai badan pengatur. Ada empat entitas yang membuat komisi Grand Prix terdiri dari International Road Racing Teams Association (IRTA) – yang mewakili tim; Asosiasi Produsen Olahraga Sepeda Motor (MSMA) – yang mewakili produsen; FIM dan Dorna.

Perlombaan balap dikategorikan berdasarkan ukuran mesin dan saat ini. Ada empat kelas balap di kejuaraan tersebut yaitu Moto Grand Prix, Moto2 dan Moto3 – menggunakan mesin empat langkah – dan MotoE, yang diperkenalkan pada 2019 dan menggunakan motor listrik.

Di masa lalu, kelas memfasilitasi sepeda motor mulai dari 50cc hingga 500cc. Namun, peraturan baru sekarang mengizinkan penggunaan mesin hingga 1000cc.

Kejuaraan Grand Prix diadakan setiap tahun dengan perlombaan diadakan di lokasi yang berbeda dan seringkali eksotis. Indonesia terakhir menjadi tuan rumah acara besar ini lebih dari dua dekade yang lalu pada tahun 1996 dan 1997.

Acara Grand Prix Sepeda Motor Indonesia tahun 1996 dan 1997 diadakan di Sirkuit Internasional Sentul. Yang berlokasi di Kota Sentul, Babakan Madang, Bogor, Indonesia. Ada tiga kelas balap dari berbagai kapasitas mesin yang terdiri dari 125cc, 250cc dan 500cc.

Fasilitas sirkuit mudah diakses dari Jalan Tol Jagorawi. Sirkuit saat ini adalah versi singkat dari desain asli, sekitar 40%. Sirkuit berjalan berlawanan arah jarum jam dan terutama digunakan untuk balap motor.

Sejarah MotoGP di Indonesia

Sentul, yang mampu menampung hingga 50.000 penonton, memiliki lintasan yang mulus yang memungkinkan balapan diisi adrenalin berkecepatan tinggi. Memiliki jalur lurus 900 meter yang memungkinkan kecepatan mencapai hingga 300 kilometer perjam.

Pemenang Grand Prix Indonesia 1996:

  • GP 500cc: Micheal Doohan
  • Kelas 250cc: Tetsuya Harada
  • Kelas 125cc: Masaki Tokudome

Pada tahun 1997, legenda MotoGP, Valentino Rossi, termasuk di antara para pemenang. Honda juga mendominasi, dengan pemenang di kategori 250cc dan 500cc:

  • GP 500cc : Tadayuki Okada
  • Kelas 250cc: Max Biggi
  • Kelas 125cc: Valentino Rossi

Sirkuit Internasional Sentul juga menyelenggarakan acara lain seperti Motorcross, Autocross, dan Go-Karting. Hotel ini juga menampung 2000 kamar hotel, restoran, pusat rekreasi, dan lapangan golf internasional.

Sayangnya, peristiwa ini tidak terjadi lagi di tahun-tahun sejak itu. Dan potensi finansial sebenarnya dari Sirkuit Sentul Internasional tidak pernah sepenuhnya diakui.

Mengapa Kejuaraan MotoGP Meninggalkan Indonesia untuk Dua Dekade?

Menurut Lola Moenek, General Manager Sentul International, kejuaraan MotoGP meninggalkan Indonesia karena memburuknya nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS selama periode 1996-1997. Rupiah terus mengalami depresiasi dengan kurs meroket dari IDR2.383 menjadi US $ 1 pada tahun 1996 menjadi Rp11.591 menjadi US $ 1 pada tahun 1998.

Rintangan finansial ini membanjiri para manajer Sentul, yang memutuskan bahwa mereka tidak dapat terus menjadi tuan rumah balapan. Namun, CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, dan direktur Sentul, Tinton Soeprapto sebelumnya telah menandatangani kontrak yang menjadikan Indonesia tempat untuk kejuaraan MotoGP selama lima tahun.
“Saat itu, nilai tukar dolar semakin tinggi. Ketika kami mengadakan MotoGP pada tahun 1996-1997, nilai tukarnya sekitar Rp. 2,700. Kontrak MotoGP pada waktu itu antara Carmelo Ezpeleta dan Tinton Soeprapto selama lima tahun dibatalkan. Mengapa? Karena dolar menguat. Kami tidak berani pada saat itu. ”Kata Lola pada Indonesian Touring Car Awards 2015 di Jakarta.

Kembalinya MotoGP Setelah Dua Dekade

Pemerintah memiliki harapan besar untuk kembalinya MotoGP ke Indonesia setelah 24 tahun. Ini dianggap sebagai dorongan besar bagi profil internasional negara itu dan menyoroti bagaimana ekonomi telah menguat.
Perusahaan Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) menandatangani perjanjian dengan Dorna Sports, penyelenggara MotoGP, untuk slot di musim MotoGP 2021. Kesepakatan itu menguraikan hosting balapan dan pengembangan sirkuit. Kompetisi akan diselenggarakan di dalam zona ekonomi khusus untuk pariwisata, Mandalika.
Selain MotoGP, Mandalika juga berspekulasi untuk menjadi tuan rumah putaran Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) dan acara Kejuaraan Dunia Motocross.

Indonesia baru-baru ini menjadi tuan rumah acara olahraga besar dalam dua tahun terakhir – Asian Games dan Asian Para Games. Itu juga telah mengajukan tawaran resmi untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2032. Sekretaris Kabinet Pramono Agung mengatakan. “Apa yang dilakukan pemerintah dengan MotoGP dan Olimpiade adalah visi untuk menjadi bangsa yang hebat, bangsa yang menang,”. Ia juga menambahkan bahwa MotoGP akan memberikan paparan ke resor Mandalika di Lombok Selatan.

Baca Juga: MotoGP Indonesia Jack Miller Tidak Sabar Jajal Trek Mandalika di Pulau Lombok

Pembangunan Sirkuit Mandalika

ITDC telah memberikan kontrak untuk mengembangkan dan membangun kompleks sirkuit jalan Mandalika ke perusahaan konstruksi Prancis yang disebut Vinci Construction Grand Projects. Vinci juga merupakan investor utama proyek dengan investasi US $ 900 juta atau setara dengan Rp15,3 triliun. Selain itu, Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB) juga merupakan salah satu investor proyek dengan investasi US $ 248 juta.

Kesepakatan US $ 1 miliar ditandatangani dengan Vinci pada 8 Agustus 2018. Kesepakatan itu memastikan 15 tahun ke depan pembangunan.
Vinci diharapkan untuk membangun beberapa fasilitas pendukung mulai dari hotel dan pusat perbelanjaan hingga rumah sakit dan apartemen. Untuk memastikan Lombok mampu menangani gelombang besar wisatawan. Tempat sirkuit jalanan akan menampung 150.000 penonton untuk kejuaraan MotoGP. Fasilitas pendukung akan dibangun di atas lahan 131 hektar di dalam resor Mandalika seluas 1175 hektar.
Menurut direktur konstruksi dan operasi ITDC Ngurah Wirawan, pembangunan sirkuit balap Mandalika akan dimulai pada Oktober 2019. Fase pertama akan melihat pengembangan fondasi, infrastruktur bawah tanah, dan jalan-jalan di sekitarnya. Setelah itu, Vinci akan fokus pada pemasangan lintasan balap dan teknologi yang digunakan dalam balapan MotoGP.

Baca juga: Bahaya MotoGP Indonesia Ternyata Berkonsep Balap Jalanan

Selesai akhir 2020

ITDC bertujuan menyelesaikan fase pertama pada pertengahan 2020. Dan Vinci diharapkan untuk sepenuhnya menginstal teknologi dan lintasan balap pada akhir 2020.
Banyak kementerian di Indonesia berdiri di belakang rencana kebangkitan MotoGP. Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto menunjukkan dukungannya terhadap proyek tersebut. Namun, ia mengisyaratkan bahwa pelayanannya tidak terkait dengan transaksi mengenai hosting dan pengembangan wilayah dengan Dorna Sports. Asosiasi Motor Indonesia (IMI) juga berdiri di belakang keputusan untuk menetapkan sirkuit Mandalika sebagai tempat untuk kejuaraan MotoGP.
Sirkuit jalan Mandalika adalah satu-satunya. Ini akan terbuka untuk umum ketika tidak ada acara balap yang sedang berlangsung. Selain itu, lomba MotoGP Lombok 2021 yang akan diadakan di venue ini akan menjadi balap jalanan pertama dalam sejarah MotoGP.

Fitur Sirkuit:

Jalurnya akan sepanjang 4,32 kilometer, dengan 18 belokan dan satu jalur lurus utama. Sirkuit ini akan mencakup area paddock dengan 40 garasi, dan menyediakan fasilitas untuk 100.000+ penonton. Suite VIP tersedia untuk lebih dari 7.500 orang. Menurut presiden ITDC Abdulbar M.Monsoer, sirkuit Mandalika akan menjadi unik dalam memberikan pemandangan menakjubkan dari Samudra Hindia, laguna, desa bertenaga surya, lapangan golf, dan area yang terdiri dari bangunan perkotaan dan komersial. Semua ini diharapkan selesai pada 2021.

Baca Juga: Indonesia dan Dorna Teken Kontrak MotoGP Indonesia di Madrid

Manfaat MotoGP Indonesia

Manfaat dari Hosting MotoGP Lombok 2021 Championship
Banyak pejabat pemerintah percaya bahwa acara besar ini akan membawa banyak perhatian ke Lombok. Menurut Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya, yang juga pendukung setia hosting MotoGP di Indonesia. Acara ini akan menarik setidaknya 100.000 wisatawan asing yang akibatnya diharapkan menghasilkan keuntungan langsung sebesar Rp1 triliun.
Manfaat tidak langsung diharapkan menghasilkan lebih dari Rp2 triliun dengan acara MotoGP lima hari disiarkan ke dua ratus negara melalui 60 saluran televisi.
Kejuaraan MotoGP adalah acara olahraga yang sangat populer di kalangan penduduk setempat. Diharapkan acara ini akan menginspirasi pembalap lokal, dan banyak pembalap Indonesia juga diharapkan untuk debut di balapan.

Apa yang Akan Terjadi, Menjadi Seri Keberapa?

Jika nantinya di gelar di Lombok-Indonesia kira-kira akan menjadi putaran keberapa?. Untuk putaran Asia ( seri-15) dimulai dari Sirkuit Internasional Buriram atau Sirkuit Internasional Chang, Thailand. Kemudian terbang ke Jepang di seri-16 di Twin Ring Motegi Jepang. Putaran berikutnya yaitu seri-17 berlangsung di Sirkuit Phillip Island-Australia. Dari Australia sirkus MotoGP akan meluncur ke Sepang Malaysia sebagai seri ke-18. Untuk selanjutnya kembali ke rumah MotoGP di Valencia sebagai seri penutup… Melihat rute yang sekarang kemungkinan seri MotoGP Indonesia akan digelar setelah seri Australia dan sebelum sepang… Mungkin… !

Sumber Artikel: https://invest-islands.com/motogp-lombok-2021-mandalika-circuit-in-indonesia/

This post was last modified on 8 Oktober 2019 08:35

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Hasil Latihan MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - 10 pembalap yang lolos ke Q2.. Latihan MotoGP di Sirkuit Jerez berlangsung hari ini,…

26 April 2024

Hasil Latihan 1 Moto2 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Joe Roberts menjadi pembalap tercepat pada Latihan 1 Moto2 Spanyol setelah menguasai sesi ini…

26 April 2024

Hasil Latihan 1 Moto3 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Jumat, 26 April 2024, 14 pembalap yang lolos ke Q2.. Rider Moto3 'Alonso' terlihat…

26 April 2024

Pedro Acosta : Saya akan Mengikuti Dani Pedrosa Sepanjang Trek

RiderTua.com - Menjelang balapan MotoGP kandang pertamanya di Jerez, Pedro Acosta mengatakan, "Senang rasanya berada di sini untuk pertama kalinya sebagai…

26 April 2024

Hasil Latihan Bebas 1 MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Jumat (26/4/2024), Pembalap Gresini Racing, Alex Marquez, membuat catatan waktu terbaik pada Latihan Bebas…

26 April 2024

Hasil Latihan Bebas Moto2 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Jumat, 26 April 2024, Dalam sesi Latihan Bebas Moto2 Alonso Lopez mampu membuktikan menjadi…

26 April 2024