Honda CRF150R: Jeroan Unicam Valve dan Jantungnya Karburator Keihin FCR !

 

 

 

RiderTua.com – Motor, Varian trail Honda memiliki bermacam nama. Di Honda mempunyai Seri CRF ( Competition Racing Four-stroke) yang secara mudahnya motorcross yang diracik oleh pabrikan buat balapan. CRF sendiri mempunyai banyak akhiran CRF-X ( enduro ), CRF-R (Racing), CRF-L ( street legal). Sebagai tambahan saja seri CRF ini adalah penerus dari Honda CR-R ( Competition Racing two-stroke). Honda CRF150R: Jeroan Unicam Valve dan Jantungnya Karburator Keihin FCR, berikut spesifikasi Honda CRF150R beserta harga..

Kita tentunya tidak asing dengan Honda CRF150L yang bisa dipakai di jalan raya dan dijual oleh PT Astra Honda Motor (AHM) kisaran Rp 33 jutaan ini. Lalu bagaimana dengan wujud kakaknya yang versi balap sesungguhnya ?.. Namanya CRF150R.. ingat pakai R ya.. Motorcross Honda ini dibekali mesin 149,7cc,  4-stroke 4-katup dan berpendingin air, mesin satu silinder.

Sesuai peruntukannya racikan mesin dibuat powerfull alias kuat dan menawarkan power band ( karakter tenaga pada rentang putaran mesin tertentu) yang lebar, memberikan output mumpuni bahkan pada kecepatan rendah hingga sedang, apalagi gaspol. Sistem pengapian menggunakan CPU digital 8-bit. Waktu pengapian optimal engine dikontrol dengan menghitung faktor dari bukaan throttle dan kecepatan engine pada kecepatan tinggi.

Satu nama yang tidak asing di motor trail Honda adalah Unicam Valve. Unicam Valve pada CRF150R artinya menggerakkan empat katup dengan satu camshaft. Dengan sistim ini selain ruang mesin lebih ringkas memungkinkan pengaturan valve yang lebih ideal. Efeknya menghasilkan output pada kecepatan tinggi, output pada kecepatan rendah dan tengah.

Karburator Keihin FCR yang dirancang khusus dilengkapi dengan tipe link lever direct push dengan struktur pompa akselerasi untuk mencapai respons linear.

Spesifikasi Honda CRF150R  dan 150RII

Harganya piro ? Di Jepang varian CRF150R dijual dengan 493,560 yen atau setara 65 jutaan… Sedangkan CRF150RII di lego dengan harga 510,840 yen atau setara 67 jutaan… 

Be the first to comment

Leave a Reply