Tanpa Facelift, Penjualan Sienta Disalip Wuling Cortez

(Foto: automachi.com)

RiderTua Blog – Sienta baru mendapat facelift pada dua hari yang lalu. Toyota Astra Motor (TAM) mengetahui kalau MPV pintu geser andalannya ini butuh penyegaran. Karena sejak pertama kali diluncurkan, Sienta sama sekali belum di-facelift. Tanpa facelift, penjualan Sienta disalip Wuling Cortez.

Baca juga: Penjualan Toyota Sienta Menurun Karena Belum Facelift
Wuling Cortez
Wuling Cortez

Tanpa Facelift, Penjualan Sienta Disalip Wuling Cortez

Karena belum di-facelift saat itu, penjualan Sienta terus menurun bahkan merosot di tahun 2018. Perlahan-lahan Sienta sudah disalip oleh rival sekelasnya. Salah satunya yaitu Wuling Cortez.

Meski tergolong mobil baru, Cortez dapat mengungguli Sienta dalam penjualan. Sepanjang tahun 2018 lalu, MPV Wuling ini terjual hingga 5.857 unit, sementara Sienta hanya 5.113 unit. Selisihnya memang cukup tipis.

Tapi pada 7 bulan pertama tahun 2019, Cortez terjual hingga 1.710 unit dan Sienta 412 unit. Selisihnya kini cukup jauh dari Cortez. Entah apakah memang penjualannya menurun, atau sebab lain.

Penyebab lainnya yaitu, entah apakah saat itu TAM memang mengurangi stok Sienta versi lawas untuk menyiapkan facelift-nya. Yang pasti, tiga tahun setelah diluncurkan, akhirnya TAM menyegarkan Sienta, walau ubahannya tidak secara signifikan.

TAM yakin dengan penyegaran ini, maka penjualan Sienta bisa kembali pulih. Targetnya, di bulan ini dan seterusnya, penjualannya meningkat hingga 200-300 unit. Meskipun segmen MPV saat ini semakin ketat persaingannya. Apalagi rivalnya, Honda Freed, sudah tak dijual lagi di Indonesia.

Referensi: Detik.com (04/09/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply