Hasil MotoGP Ceko 2019 : Marquez Juara, Dua Ducati Kuasai Podium Brno !

0


RiderTua MotoGP – Putaran ke-10 MotoGP 2019 digelar di Republik Ceko, sirkuit Brno. Start sempat ditunda akibat kondisi trek, namun harus segera dimulai sehubungan dengan jadwal balap F1 yang dalam waktu dekat akan disiarkan oleh beberapa stasiun TV. Penundaan ini berpengaruh dengan strategi pemilihan ban. Michelin mengatakan bahwa sebelum penundaan semua pembalap memilih slick. Hasil MotoGP Ceko 2019

Trek yang belum mengering adalah lintasan lurus utama dan dua tikungan saja. Karena semua sisa rute panjang Brno kering! Bagaimana cara melakukannya? Dua mobil keselamatan (Safety caer) berputar -putar di trek untuk mempercepat pengeringan bagian ini, tetapi tidak ada yang mengatakan bahwa hujan tidak akan kembali turun. Piero Tarramasso dari Michelin mengharapkan sebagian besar pembalap memakai ban depan medium dan belakang soft, karena lintasan yang dingin dan lembab.

Pemilihan ban GP Ceko

Jalannya balapan :

Lap 1 : Marquez memimpin atas  Dovizioso di tikungan-1, diikuti oleh Miller, Rins dan Pol Espargaro. Start buruk Maverick Viñales di posisi-17. Mir dan Morbidelli jatuh di T4.

Lap 2 : Ada 4 pembalap di grup terdepan – Marquez, Dovi, Miller, Rins

Lap 3 : Alex Rins berada di belakang Miller di T3, namun pembalap Suzuki itu bisa naik ke posisi-3. Crutchlow menyalip Petrucci untuk pos-7. Quartararo dan Nakagami membututi.

Lap 4 : Rins catatkan lap tercepat untuk ketiga kalinya. Miller hanya mencoba bertahan. Rossi berusaha menyalip P.Espargaro dan Crutchlow membayangi keduanya. Viñales mengalami mimpi buruk, dia masih diposisi- 15, terjebak di belakang Zarco.

Lap 5 : Crutchlow berhasil mendekati Espargaro dan Rossi dalam satu putaran. Rossi menyalip Pol Espargaro di T5.

Lap 6 : Crutchlow mengikutinya hingga di T9.

Lap 7: Keunggulan Marquez mencapai 0,4 detik hingga Sektor-3. Dovizioso memangkasnya hingga 0,3 detik di trek lurus.

Lap 11 : Kecepatan Marquez tak terbendung, diikuti Dovi , Rins dan Miller. Quartararo mendekati Pol Espargaro di T9. Posisi ke-7 ditempati pembalap Prancis, 2.1 detik di  belakang Rossi.

Lap 12 : Keunggulan Marquez meningkat menjadi 0,7 detik di Sektor-2 tercepat dari semua balapan hari ini. Marc hampir jatuh di T9, peringatan dini agar lebih hati-hati karena terlalu kencang memacu motornya.

Lap 13 : Marquez hampir 0,3 detik lebih cepat dari Dovizioso di lap 12. Dan jaraknya menjadi 0,15 detik di sektor 2.

Lap 14 : Marquez semakin cepat memimpin 1,2 detik hingga 2,2 detik dalam satu putaran.

Lap 15 : Petrucci menyalip Pol Espargaro untuk posisi-8.

Lap 17: Rins mendekati Dovizioso, dengan sekitar 0,8 detik. Miller juga berjuang di kelompok depan dan mendekati Suzuki di posisi-3.

Lap 18: Rins membuat kesalahan di Sektor- 3 pada lap 17 saat Miller memangkas jarak 0,3 detik. Dovizioso sepertinya pasti podium-2. Tapi dua Ducati bisa jadi di podium kali ini.

Lap 19 : Duel Miller dan Rins di T1! Tapi dia lebar, memungkinkan rider Suzuki untuk kembali. Namun Rins sepertinya dalam masalah.

Last lap : Marquez memenangkan seri GP Ceko dan merupakan kemenangan ke-6 tahun ini, ke-50 di kelas utama dan ke-76 secara keseluruhan  Dovizioso podium-2, dan Miller podium-3 dan merupakan podium kedua tahun ini.

Hasil MotoGP Ceko 2019

 

Leave a Reply