Selamat Ulang Tahun, Si Cantik Dibalik Deru Mesin MotoGP, Tugasnya Apa?


RiderTua MotoGP – MotoGP merupakan balapan tingkat tertinggi roda dua. Menjadi alat ukur dan brand image perusahaan sepeda motor di dunia. MotoGP juga sebuah tontonan menarik yang mampu memacu adrenalin. Bukan saja adu kencang yang diperlihatkan, namun adu strategi, dan kecepatan dalam beberapa kondisi lintasan yang menantang. Dengan motor yang mampu dipacu lebih dari 350 km per jam MotoGP merupakan olah raga berbahaya. Dengan menggunakan perangkat keamanan dan regulasi semua bahaya itu bisa di minimalisir. Selamat Ulang Tahun

Selamat Ulang Tahun

Untuk menjadi yang terbaik perlu keteraturan jadwal dari semua anggota tim disiplin waktu. Demikian juga dengan pembalap, apakah pembalap bisa mengatur waktunya sendiri?. Tentu saja ada orang yang membuat segala sesuatunya tepat waktu. Bayangkan jika pembalap terlambat waktu latihan dan jadwal jumpa media karena selain urusan kecepatan, masalah non teknis juga penting bagi semua pembalap.

Di MotoGP tim Tech3 adalah Mathilde Poncharal yang ditugaskan mengatur jadwal para pembalap tim. Meliputi jadwal pembalap di pertemuan MotoGP. Mathilde juga mengambil bagian dalam berbagai kegiatan dengan media, tamu tim dan para penggemar yang berada  pada saat sesi latihan, balapan dll, dan pekerjaan vital dengan para insinyur. Untuk mengatur semua ini seefisien mungkin tim mempekerjakan orang-orang penting yang tugasnya adalah merencanakan semua kegiatan ini dengan cara yang paling tepat sebelumnya.

Tugas Mathilde membimbing dan mengikuti pembalap tim pada akhir pekan ditandai dengan beberapa pertemuan penting. Mathilde Poncharal, menjabat sebagai manajer komunikasi Tech3 dan petugas pers (Press Officer). Apa hubungannya dengan Herve Poncharal sang pemilik tim Tech3 ? . Kebetulan dia hari ini berulang tahun, dibeberapa media sosial resmi KTM ramai memberi ucapan selamat… Happy birthday Mathilde!! We hope you have a great day !

Berikut Pekerjaan rutin Mathilde Poncharal

  1. Kamis : hari ini pembalap akan sibuk dengan media. Mathilde mengatur jadwal wawancara pembalap dan mencoba memastikan agar tidak banyak waktu terbuang dengan sesi wawancara ( biasanya 10- 15 menit per media, kecuali kami diminta wawancara panjang). Pada hari Kamis ada juga wawancara media tentang tujuan dan tugas dari tim. Pembalap berbicara kepada media tentang tujuannya untuk akhir pekan, bagaimana perasaannya, dll. Ada kalanya mengikuti acara dari Dorna pada Kamis pagi atau Rabu malam tetapi terpisah.
  2. Jumat : adalah hari paling tenang. Ada FP1 dan FP2 kemudian wawancara media dengan pembalap. Mungkin ada permintaan untuk penandatanganan oleh sponsor. Menyiapkan jadwal dengan komisi keselamatan pada pukul 17:30. Pembalap bisa pergi atau tidak ke acara itu.
  3. Sabtu : sangat sibuk, ada sesi FP3, FP4, Q1 dan Q2, ada pula mengatur jadwal di luar trek. Ada wawancara dengan media. Ada satu atau dua penandatanganan dengan sponsor, selain sesi penandatanganan dengan pihak hotel sehingga tamu dapat bertemu dengan pembalap.
  4. Minggu : Tidak ada jadwal dengan sponsor. Ada  sesi Pemanasan, balapan dan tanya jawab media, serta podium jika salah satu pembalap membuat hasil yang baik. Mathilde, selama tiga hari latihan dan balapan mengatur juga apa yang disebut “pit lap” yang merupakan kunjungan garasi untuk tamu. Mathilde harus menyediakan slot untuk menghormatinya agar tidak mengganggu sesi dan mekanik yang bekerja, semua dia rencanakan seminggu sebelumnya. Selain itu tugas dia dengan Dorna dan IRTA adalah mengurus semua per- izinan.

Apakah pekerjaan Mathilde berakhir pada Minggu malam ? Jawabnya semua tergantung pada kondisi balapan MotoGP. Apalagi jika terjadi banyak tamu. Dia mempersiapkan segalanya: jadwal pembalap, ijin, merawat baju para anggota tim, di kelas Moto2 atau di MotoGP. Justru hari minggu pekerjaan dia sibuk, tidak pernah berhenti. Setelah itu dia baru bisa bernafas sedikit, dan semua tergantung juga dari kondisi acara MotoGP itu sendiri. Wah ternyata berat juga ya…

 

Be the first to comment

Leave a Reply