Jack Miller Tantang Dorna Lepas Elektronik di MotoGP ! Stoner Akan Membalap Lagi ?


RiderTua MotoGP – Ada sesi tanya jawab yang menarik saat press conference GP Belanda. Bukan media atau wartawan yang memberikan pertanyaan, namun sekumpulan anak-anak yang dihadirkan pada kesempatan itu. Salah satu dari anak-anak ini bertanya kepada pembalap, apakah mereka akan mengubah sesuatu dalam peraturan MotoGP saat ini?.. Jack Miller tantang Dorna lepas elektronik di MotoGP ! Stoner akan membalap lagi ?

Marc Marquez yang hadir disitu menjawab bahwa dia berharap sesi tes untuk kelas MotoGP dikurangi, “Kurangi tes dan lebih banyak balapan”. Kemudian pembalap Ducati Danilo Petrucci “Berat minimum dalam pembalap dan motor”.

Yang paling menarik adalah pernyataan Jack Miller, “Lepaskan elektronik dan kontrol traksi”. Memang dia begitu singkat dalam memberikan komentarnya. Namun jika dicermati kalimat ini menyimpan banyak pertanyaan lain.

Jika melihat perkataan Jack Miller yang berasal dari Australia kita akan ingat Caesy Stoner. Masih ingat dengan pernyataannya bahwa “Sistem Elektronik Merampok Skill Pebalap MotoGP” !. Adanya perangkat elektronik yang canggih dipakai di MotoGP berpengaruh terhadap skill atau kemampuan pembalap MotoGP. Walau tujuan utama elektronik adalah mengurangi risiko crash, saat menikung, namun disisi lain kemampuan pembalap akan tumpul..

“Perangkat elektronik membuat selisih waktu antar pebalap saat kualifikasi semakin ketat. Pembalap tinggal melakukan pengereman sedekat mungkin dengan tikungan ( late braking), kemudian menikung, dan perangkat eletronik akan melakukan sisanya. Tidak membutuhkan adanya skill pembalap” kata Stoner seperti dilansir Australian Motor Cycle News(03/08/16).

Jika permintaan Jack Miller dikabulkan ( tampaknya tidak mungkin) apakah Stoner akan kembali membalap ?

Sumber : Australian Motor Cycle News(03/08/16), MotoGP™ @MotoGP (27/06/19)

Be the first to comment

Leave a Reply