[ MotoGP Italia] Bedah Karakter Sirkuit Mugello, Sirkuit Super Cepat !

RiderTua MotoGP – Minggu ini kita akan disuguhi tontonan ciamik adu kencang kuda besi kasta tertinggi MotoGP putaran ke- 6 MotoGP Italia. Di kelompok pertama akan ada duel tim Honda dan Ducati dimana keduanya memang paling kuat musim ini. Kelompok kedua ada Yamaha dan Suzuki ( plus KTM) sementara Aprilia masih belum menujukkan taringan musim ini. Berikut ini kita berbicara venue trek Italia dalam “Bedah Karakter Sirkuit Mugello” Sirkuit super cepat..

Bedah Karakter Sirkuit Mugello

Pertama kali Mugello menjadi tuan rumah MotoGP tahun 1976. Lay out sirkuit Tuscan memang menakjubkan, berombak-ombak secara alami dengan lembah yang berjajar pohon yang indah. Trek ini dibeli oleh Ferrari pada tahun 1988 dan direnovasi dengan standar tinggi tak lama setelahnya. Fasilitas dan fitur keselamatan kelas dunia. Mugello menjadi penyelenggara MotoGP  secara permanen sejak tahun 1991 hingga kini. Untuk kelas MotoGP akan berlangsung dalam 23 lap ( 120.6 km ). Trek lurusnya sepanjang 1141 m cukup untuk mengumbar power mesin pada putaran mesin maksimal mereka.

Sirkuit super cepat

Tidak seperti kebanyakan trek lainnya, sirkuit Mugello tetap mempertahankan panjang dan tata letak aslinya. Mugello juga berbeda dari sirkuit super cepat lainnya dalam hal seringnya perubahan gradien ( jalanan naik turun) dan kecepatan chicane ( tikungan ganda). Ada kombinasi tikungan sangat lambat dan tikungan kecepatan tinggi, meskipun tikungan yang paling lambat pun ukurannya lebar, memungkinkan beberapa aksi overtake seru. .

Pembalap diuji nyalinya di chicane (tikungan ganda) dimana di sirkuit lain justru “dihambat” kecepatannya demi keselamatan. Di Mugello justru ada empat chicane yang diambil dengan kecepatan yang relatif tinggi. Kondisi ini mewajibkan tim untuk membekali kuda pacunya dengan keseimbangan suspensi yang tangguh dalam kondisi motor berkecepatan tinggi. Suspensi depan dan belakang akan bekerja pada gaya sentrifugal. Sudah pasti harus memenuhi persyaratan kelenturan yang cukup untuk memberikan daya cengkram dan traksi samping ban di sekitar tikungan ‘off-camber’ yang lebih lambat. ( Tikungan Off Camber adalah tikungan miring ke arah luar belokan, dimana kecenderungan motor meluncur ke arah luar.)

Pengaturan suspensi yang pas lebih rumit untuk trek Mugello. Hal ini berdasarkan kondisi pada satu bagian lintasan saat memasuki tikungan dalam kondisi menanjak, dan selanjutnya menurun. Kondisi ini akan mengubah parameter peredam kejut motor ( pegas/per dan tingkat redaman kompresi ideal ).

Power ( HP) atau tenaga mesin yang kuat adalah faktor yang sangat signifikan (penting) di Mugello di lintasan panjang yang lurus. Dimana merupakan trekyang memungkinkan memacu motor dengan top speed lebih dari 330 km per jam…!.

valentino Rossi

Paket Motor yang ideal di Mugello

Jika ingin menang di Mugello paling tidak paket motor harus punya hal berikut :

  • Top speed tinggi ( Honda dan Ducati sepertinya teratas)
  • Rideability ( nyaman) dan handling motor yang ciamik ( sepertinya Yamaha dan Suzuki punya)
  • Keseimbangan ( balans) dari engine dengan paket lainnya harus jempolan sesuai dengan tata letak tikungan Mugello.

Dalam balapan ( Race day) Mugello menuntut putaran demi putaran yang sempurna. Namun diatas semua itu Mugello adalah sirkuit super cepat, mengalir, sangat teknis dan selalu menyajikan balapan luar biasa… Ciao…

Referensi :

  • motogp.com

1 Comment

  1. Mudah-mudahan bisa memanjakan kita sebagai penggemar motogp dengan aksi saling susul yang mendebarkan

Leave a Reply