Ducati Harus Buka Rahasia Sayap Belakang GP19, Siapa yang Diuntungkan ?

RiderTua MotoGP – Ducati kini sedang dalam proses pengadilan banding FIM. Penjelasan atas sayap belakang di GP19 memaksa Ducati untuk mengungkapkan beberapa rahasia. Hal ini diungkapkan sendiri oleh General Manager Gigi Dall’Igna. Pengadilan Banding FIM sedang membahas masalah ini pada hari Jumat di Mies, dekat Jenewa. Apakah sayap belakang, dengan pemenang Andrea Dovizioso di Qatar sesuai dengan aturan. Yang jelas Ducati harus buka rahasia sayap belakang GP19..

Empat pabrikan Aprilia, KTM, Honda dan Suzuki memprotes inovasi pada swingarm dari Ducati GP19. Mereka berpendapat bahwa ada efek aerodinamis, sementara Ducati mengklaim, sayap berfungsi untuk pendinginan dan perlindungan ban belakang.

Ducati Harus Buka Rahasia Sayap Belakang GP19

Proses pengambilan keputusan untuk hakim banding didasarkan pada dokumen yang disampaikan oleh kedua belah pihak Selasa lalu untuk menggarisbawahi pandangan mereka. Gigi Dall’Igna kesal karena dia harus mengungkapkan lebih dari yang dia suka, jelas manajer umum Ducati Corse.

“Pada presentasi pembelaan, kami harus mengungkapkan beberapa rahasia kami di area yang diabaikan oleh pesaing kami. Jika itu terserah saya, saya tidak akan pernah mengatakan untuk apa elemen ini. Saya juga marah pada Petrucci, yang telah berbicara tentang mendinginkan ban dalam pengujian,” kata Gigi Dall’Igna via speedweek.com(22/03/19).

Masih belum jelas bagaimana putusan akan dijatuhkan. Beberapa skenario yang mungkin adalah :

  • Hakim banding FIM memutuskan bahwa sayap itu legal dan dengan demikian Dovizioso tetap menjadi pemenang Qatar.
  • Sayap itu ilegal dan Dovizioso harus melupakan kemenangannya.
  • Ducati dapat mempertahankan kemenangan, tetapi sayap mungkin tidak lagi digunakan.

Keputusan pengadilan banding memang belum diumumkan. Namun satu hal yang pasti adalah sampai balapan berikutnya di Argentina (31 Maret) harus ada kejelasan. Yang jelas dengan penjelasan dari Ducati rahasia sayap akan terungkap, dan siapa yang diuntungkan..?

1 Comment

  1. Jika swingarm deflector jadi dilegalkan, seri berikutnya yg lebih diuntungkan jelas team Movistar Yamaha YZR-M1.

Leave a Reply