Inilah Fakta Kelemahan Motor Yamaha dibanding Honda dan Ducati Tahun Ini !

Ducati GP15 VS Honda RC213V VS Yamaha YZR-M1

RiderTua MotoGP – Persiapan Yamaha sambut musim ini sudah dilakukan dengan benar selama muism dingin. Kemajuan sudah ditunjukkan oleh Yamaha M1 selama tes pra-musim. Faktanya memang lebih kompetitif daripada prototipe yang mengecewakan tahun lalu. Lebih cepat baik di kondisi balapan trek kering dan di kecepatan balapan ( Race Pace), lebih stabil di tikungan dan di tengah tikungan. Singkat kata secara umum lebih dekat dengan saingan kuat Ducati dan Honda. Tapi itu tidak berarti bahwa tim yang bermarkas di Iwata telah menyelesaikan semua masalah yang menyiksanya. Dan inilah fakta kelemahan motor Yamaha dibanding Honda dan Ducati tahun ini

Inilah Fakta Kelemahan Motor Yamaha dibanding Honda dan Ducati Tahun Ini

Titik lemah dan juga kesenjangan yang cukup besar, tetap saja pada sektor mesin. Dua pembalap mereka Maverick Vinales dan Valentino Rossi, telah menjelaskan dengan jujur di akhir tes bahwa Yamaha M1 kurang akselerasi, namun yang jauh lebih penting adalah kurangnya top speed.
Seperti dilansir media Spanyol Motosan.es (27/02/19), dalam tes MotoGP terakhir di Losail, dimana yang terkenal dengan trek lurus panjangnya, Yamaha terbukti menjadi yang paling lambat dari semua motor di lintasan.

Yang tercepat adalah Honda (348,3 km / jam dengan Marc Marquez), diikuti oleh Ducati (347,2 km / jam dengan Jack Miller). Suzuki sedikit lebih cepat (343,9 km / jam dengan Joan Mir), Aprilia (342,8 km / jam dengan Aleix Espargaro) dan KTM (341,7 km / jam dengan Pol Espargaro). Yag menarik adalah jika kita melihat bahwa M1 hanya punya kecepatan puncak di 339,6 km / jam, yang dicatatkan oleh Franco Morbidelli. Vinales dan Rossi hanya melaju dengan 338,5 km / jam.. Bahkan sepuluh kilometer per jam lebih lambat dari yang tercepat…!

Fakta Sejarah Top Speed Yamaha

  • Mulai tahun 2014 hingga 2018, di Qatar, kecepatan puncak ( top speed) Yamaha tetap stabil, dikisaran antara 345 hingga 346 km / jam.
  • Sedangkan Honda pada tahun 2016 kisaran 342,7 km / jam dan tahun 2015 berada di angka 350,5 km/ jam, dan 2019 348,3 km / jam
  • Kemudian Ducati tahun 2015 antara 346,4 km / jam dan tahun 2018 kecepatan puncaknya di angka 351,9 km/ jam.

Terlihat Yamaha paling rendah dalam kecepatan motornya bahkan sejak 2018 kehilangan kecepatan hampir enam kilometer per jam. Tahun lalu M1 lebih lambat 6,6 km / jam dari Ducati. Di Qatar Yamaha lebih lambat hampir 10 km / jam dari Honda.

Selama balapan akhir pekan MotoGP Qatar diharapkan situasi akan membaik, tetapi Vinales dan Rossi telah mengatakan kebenaran yang luar biasa. Secara menekankan kecepatan maksimum sebagai hal yang paling besar untuk perbaikan. Memang benar bahwa Yamaha mungkin adalah motor dengan sasis terbaik, yang memungkinkannya untuk meliuk di tikungan. Namun kelebihan di tikungan saja belum cukup untuk menang karena setiap setiap trek memiliki karakter berbeda.

Be the first to comment

Leave a Reply