Kenapa Pabrikan Kecil Ducati Berhasil Kalahkan Raksasa Otomotif Honda MotoGP ?

RiderTua MotoGP – Dalam beberapa tahun terakhir kita lihat tim Ducati bisa menempel ketat tim Honda. Ducati tergolong pabrikan kecil yang angka penjualannya jauh sekali dibanding merk Honda. Jika kita melihat angka – angka penjualan akan tercengang, karena jumlah motor yang dijual Honda hampir 300 kali lipatnya dalam setahun. Hal ini cukup membuat Honda disebut raksasa otomotif roda dua dunia… Fantastis… ! Lalu kenapa pabrikan kecil Ducati berhasil kalahkan raksasa otomotif Honda MotoGP..?

Ducati GP15 VS Honda RC213V VS Yamaha YZR-M1

Pabrikan Kecil Ducati Berhasil Kalahkan Raksasa Otomotif Honda MotoGP

Seperti dilansir Speedweek.com (29/01/19) pabrikan Ducati berhasil menjual sekitar 55.000 sepeda motor saja per tahun. Hal ini bagai bumi langit jika dibandingkan pabrikan Jepang Honda yang mampu mengaspalkan sekitar 15 juta kendaraan bahkan mungkin lebih. Bagaimana mungkin Ducati mampu kalahkan Honda di MotoGP ?

Namun teori inin disangkal oleh petinggi balap HRC Honda, Takeo Yokoyama. Angka-angka yang disebutkan diatas hanya berkaitan dengan penjualan sepeda motor produksi, tidak berhubungan dengan dunia balap. Dan jika dilihat dari sisi persaingan teknologi balap Honda menganggap dia tidak lebih besar dari Ducati.

Namun tentunya hal ini tidak bisa diterima karena dengan modal yang besar setiap tim kaya mampu “membeli teknologi”, mampu pekerjakan orang jenius di timnya yang berdampak pada performa motor balap. Namun perkembangan teknologi juga tidak sebebas -bebasnya dibatasi oleh aturan atau regulasi…

Walau fakta di lapangan memang berbicara dimana jumlah orang di tim Ducati sekitar 150 kru. Sedangkan di HRC jauh lebih besar dan mendapat dukungan R&D, departemen R&D raksasa Honda itu sendiri.

Takeo Yokoyama tidak menampik asumsi itu. Dimana di dalam Honda, departemen balap tidak sepenuhnya terpisah dari departemen produksi. Namun menurutnya itu tidak berdampak pada tenaga kerja, anggaran dan sumber daya. Jadi menurut Yokoyama jumlah penjualan motor Honda dan menjadikannya sebagai raksasa roda dua tidak ada pengaruhnya dengan persaingan di MotoGP. Karena mungkin adanya regulasi ( mesin dan ECU) dan setiap tim punya penyokong dana dari luar pabrikan itu sendiri. Jika tidak ada aturan teknis mungkin iya kalau Honda tidak akan bisa dikalahkan…

Be the first to comment

Leave a Reply