Apakah Honda ikut sematkan ABS pada Honda Beat ?

November Masih Bulannya Honda BeAT

RiderTua Motor – Yamaha meluncurkan varian skuitk baru FreeGo. Walau skutik berkapasitas 125 cc namun dilengkapi dengan sistem pengereman ABS (anti-lock bracking system) untuk varian tertinggi. Apakah Honda ikut sematkan ABS pada Honda Beat ?

AHM New Honda BeAT Street eSP

Hal tersebut ditanggapi oleh Ferry Firman ang menjabat sebagai General Manager Product Management and Marketing Support PT Astra Honda Motor (AHM). Dimana intinya dia mengatakan bahwa pihaknya perlu melakukan studi terlebih dulu dan jika ada kebutuhan, tidak menutup kemungkinan akan memakai ABS juga.

“Kita harus lihat dulu, kenapa harus pakai ABS, kenapa gak pakai ABS, dan apa itu ABS. Sebetulnya untuk cc kecil atau penggunaan tidak kencang sekali. Saya rasa belum pakai ABS, tapi kalau itu jadi salah satu persyaratan dari konsumen, kita sih pasti penuhi. Tapi risikonya harga naik,” dilansir Liputan6 (26/11/18).

New Honda BeAT eSP

Risiko penyematan ABS adalah harga akan terkerek naik. Atau dengan cara pengurangan fitur lain dan diganti dengan ABS agara harga tidak terpengaruh. Memang ABS dibeberapa negara menjadi fitur wajib. Karena berhubungan dengan fitur keselamatan ( safety)… Namun hal lain secara penjualan adalah harga sangat sensitif sehingga perlu strategi yang matang untuk penerapannya.

“No. 1 safety harus, tapi dengan perhitungan terukur. Misalkan 50 cc pakai ABS kan berlebihan. Kalau ABS ada yg lebih simpel tapi lebih murah, mungkin akan menjadi pertimbangan lagi. Karena teknologi kan menyesuaikan dengan kebutuhan. Kita kan punya CBS yang mengurangi percepatan, sehingga saat mengerem tidak langsung mengunci,” pungkasnya.

Untuk diketahui produk Honda yang menggunakan ABS adalah Honda CBR250RR dan Honda PCX 150. Lalu perlukan motor cc kecil memakai ABS..?

Be the first to comment

Leave a Reply