Honda Benar-Benar Suntik Mati Spacy

0
honda spacy

RiderTua Motor – Sempat tak terdengar kabarnya sejak diluncurkan beberapa tahun yang silam, Honda Spacy harus mengakhiri ‘perjalanannya’ di Indonesia pada bulan April kemarin. Ini memang mengejutkan banyak orang karena Spacy merupakan pelopor motor Honda dengan bagasi luas. Kenapa harus begitu? Namun nyatanya Honda benar-benar suntik mati Spacy.

Baca juga: Tak Didistribusikan Lagi, Honda Spacy Disuntik Mati?

Tak Selaku Beat dan Vario

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Spacy merupakan motor Honda pertama yang memiliki fitur bagasi luas sehingga bisa memuat helm. Kemudian Honda mencoba mengaplikasinya pada motor lain contohnya Vario. Namun  Vario bernasib baik, penjualannya mulai laris sejak saat itu.

Ironisnya beberapa tahun setelahnya, ketika skutik lainnya (Beat dan Vario) sudah laris manis, Spacy mulai menunjukkan penurunan penjualan. Penjualan Spacy terus anjlok hingga tahun 2018 ini. Dari data penjualannya, Spacy terjual 6.170 unit di tahun 2016, 5.042 unit di tahun 2017, dan bulan Januari 2018 yang hanya 33 unit. Sementara Februari dan Maret sudah kosong.

Honda sebenarnya tidak serta merta memutuskan menyuntik mati Spacy dalam waktu singkat. Dari awal tahun Honda memang sudah merencanakan hal itu, tetapi masih tahap perundingan.

Beat, Scoopy, dan Vario saat ini menjadi primadonanya Honda. Jadi tak salah memang jika Honda harus mengakhiri hidup Spacy sampai disini. Dengan alasan efisiensi Honda memilih untuk fokus ke penjualan tiga skutik andalannya setelah menghentikan produksi Spacy. Mengingat ke-3 model skutik Honda ini selalu masuk di peringkat 10 besar sebagai motor terlaris di Indonesia.

Leave a Reply