Categories: MotoGP

Ternyata Kecelakaan Jerez Ada 6 Orang yang Dipersalahkan !


RiderTua MotoGP – Berita kemenangan Marc Marquez memang sudah diprediksi oleh beberapa media. Namun yang ramai menjadi perbincangan adalah tabrakan domino antara Jorge Lorenzo- Dani Pedrosa- Andrea Dovizioso. Siapa yang patut disalahkan pada insiden ini? Ternyata kecelakaan Jerez ada 6 orang yang dipersalahkan.. Kabar baiknya adalah ketiga rider tidak mengalami cedera serius..

Lorenzo Tidak Ingin disalahkan

Seperti dilansir motorsport.com(06/05/18) Jorge Lorenzo menyatakan tidak ingin mengomentari insiden itu, karena menurutnya itu adalah nasib buruk untuk mereka bertiga. Bahkan Lorenzo mengklaim mereka adalah pembalap terbersih di kejuaraan saat ini. Menurut Jorge mereka hampir tidak pernah terlibat dalam hal semacam ini. Lorenzo tidak ingin disalahkan, karena ini hanya masalah ke-tidak beruntung-an.

“Perlombaan ini membuat saya bahagia karena saya telah mengendarainya karena saya menyukainya. Saya sangat menyesal terutama bagi Ducati dan Dovizioso yang berjuang untuk kejuaraan dunia dan akan lebih dekat ke puncak. Sayangnya kami mengalami kemalangan besar, seperti domino. Saya mencoba mempertahankan celah sempit untuk mendapatkan akselerasi lebih dari Andrea, jelas saya belum melihat Dani begitu bernasib sial “, dilansir tuttomotoriweb.com (06/05/18)..

Intinya menurut Jorge Lorenzo adalah mereka bertiga alami nasib sial..

Kronologi Kecelakaan Jerez

Crash brutal di tikungan ke enam pada lap 18 antara Dovizioso, Lorenzo dan Pedrosa, menyisakan cerita sendiri. Hingga berita diturunkan belum ada keputusan dari race direction siapa yang bersalah.

Dovizioso berusaha keras untuk melewati Lorenzo namun melebar… Mungkin dengan kondisi ini membuat Lorenzo lebih berani mengambil dari sisi dalam untuk membalas tikung dovi. Disaat yang sama ternyata tak diduga tak dinyana Dani Pedrosa datang dengan memanfaatkan celah sempit yang juga sedetik kemudian ditutup oleh Lorenzo dan bumm… Tak ter elakkan keduanya tabrakan kemudian berefek “karambol” ke Dovi yang berada sejajar dengan mereka..

Kecelakaan Jerez Ada 6 Orang yang Dipersalahkan

Namun menariknya seprti dilansir gpone.com(06/05/18) ada 6 orang yang dipersalahkan dalam insiden ini..

  1. Lorenzo salah, melihat hasilnya hingga saat ini sudah sepantasnya dia memberi ruang pada Dovi untuk mengejar Marquez. Karena poin kejuaraan selisih-1 dengan Marquez. Dan Lorenzo yang posisinya jauh di bawah harus rela memberikan kesempatan rekan tim yang peluang lebih besar dalam kejuaraan.  Jorge harusnya berperilaku seperti pembalap kedua yang baik. Dia bisa bertarung dengan Dani Pedrosa dan membiarkan Dovi bertarung dengan barisan depan.
  2. Pedrosa salah, tidak tepat jika dikatakan Dani tidak beruntung alias sedang sial. Seharusnya dia memprediksi disaat dia berada di belakang dua rider Ducati yang sedang “berkecamuk” bahwa akan ada bahaya diantara mereka. Bahkan di tikungan sempit dengan resiko tinggi dan jarak pandang yang kurang memadai dia harusnya tunggu kesempatan lain. Tikungan dengan jarak pandang yang kurang itulah kesalahan Dani.
  3. Dovizioso salah, Dovi tidak harus menyalip Lorenzo disaat itu. Walau dia merasa sedikit lebih cepat dari rekannya itu. Dia harus menunggu, karena Lorenzo memakai ban soft dan pasti akan melambat di akhir lap… yup.. Dovi kurang sabar dan terlalu cepat menyalip sebelum Jorge banar-benar kehabisan ban.
  4. Marquez salah, seharusnya tidak  harus ngacir didepan dimana kondisi ini memaksa lawan untuk terbawa ritme balapnya. Lebih baik untuk menunggu karena dia punya modal yang kuat untuk duel dengan ketiga di akhir lap. Dan dengan mudah melibas mereka di 2 lap jelang akhir. Dia salah karena tidak menciptakan balapan yang menarik dan membalap sendiri.
  5. Zarco salah, ( kebetulan dia orang nomor 5 yang patut disalahkan karena nomornya memang 5). Kenapa dia harus menekan mereka bertiga ( Jorge-Dovi -Pedrosa). Seharusnya dia membiarkan salah satu Yamaha resmi berada di podium. Dan salahnya dia merobek kontrak Yamaha hari ini dengan podiumnya di Jerez.
  6. Claudio Domenicali salah, ini merupakan kesalahannya dia adalah CEO dari Ducati. Dimana dia menahan kontrak Dovizioso, menolak untuk mengkonfirmasi dimana Lorenzo sudah menerima 25 juta euro. Kondisi ini menciptakan udara panas dan persaingan “mental” diantara kedua ridernya… Jelas bahwa itu semua salahnya.

Kesimpulan

Namun sepertinya ada 7 yang salah yaitu pembaca… Karena percaya bahwa ke-enamnya adalah salah, sebab Race Direction kemungkinan akan memutuskan sebagai ‘race accident’.. Apakah Race Direction juga salah?.. wah..jadi banyak lagi dong yang salah… saya juga salah karena menulis berita ini ( ketawa).

This post was last modified on 7 Mei 2018 05:27

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez : Di Texas Saya Memikirkan Podium.. Bukan Kemenangan!

RiderTua.com - Marc Marquez bisa merayakan kemenangan pertamanya bersama tim Gresini Ducati jika dia tidak crash beberapa saat setelah memimpin…

20 April 2024

Pengiriman Suzuki Jimny 5-Door Cukup Cepat Meski Inden Beberapa Bulan

RiderTua.com - Suzuki telah menghadirkan Jimny 5-door di Indonesia bulan Februari lalu dan disambut baik di pasarnya. Seperti model 3-door,…

20 April 2024

Toyota Umumkan Recall Prius Karena Ini

RiderTua.com - Toyota Prius masih menjadi salah satu mobil hybrid unggulannya di pasar global. Terlebih setelah modelnya memasuki generasi terbaru…

20 April 2024

BYD dan Mercedes-Benz Siap Hadirkan Mobil Baru di Eropa?

RiderTua.com - BYD sudah dapat mencatatkan hasil penjualan mobil listriknya yang cukup bagus selama ini. Meski demikian, mereka juga melakukan…

20 April 2024

Chery Siapkan Model Omoda Terbaru Lainnya?

RiderTua.com - Kesuksesan Chery dalam menghadirkan Omoda 5 di pasar global menjadi alasan dihadirkan varian listriknya, yaitu Omoda E5. Sejak…

20 April 2024

Alex Rins : Motor Kami Sangat Lamban..!

RiderTua.com - Setelah Suzuki mundur dari MotoGP pada 2022, Alex Rins memutuskan pindah ke tim LCR pada 2023. Ini artinya…

20 April 2024