Fitur ESP Tidak Bisa Dipasangkan ke Ertiga Anyar Non ESP?

all new suzuki ertiga
(foto: Liputan6.com) all new suzuki ertiga

RiderTua Mobil – All New Ertiga akhirnya mendapat fitur ESP (Electronic Stability Program), meski tersedia pula varian yang non-ESP. Fitur ini memang sudah banyak diaplikasikan ke mobil, atau bahkan sepeda motor sekalipun. Ertiga terdahulu memang tidak memilikinya, baru pada facelift kedua bisa menerima fitur tersebut. Fitur ESP tidak bisa dipasangkan ke Ertiga anyar non ESP.

Baca juga: New Ertiga Didesain Sesuai Permintaan Konsumen

Fitur Keamanan yang Terlewatkan

ESP merupakan fitur yang menggunakan teknologi komputerisasi untuk mengoptimalkan pengendalian mobil dengan cara mendeteksi dan meminimalkan terjadinya slip saat melaju di jalan licin, sekaligus mengurangi gejala understeer dan oversteer saat mengendarai mobil. Hampir mirip dengan kerja rem ABS. Tentu fitur ini sangatlah dibutuhkan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Untuk All New Ertiga, ada varian yang menggunakan ESP dan non-ESP. Tetapi fitur ini hanya ada di varian tertinggi GX. Suzuki menyarankan kepada konsumennya untuk membeli yang versi GX. Lalu bagaimana dengan yang sudah terlanjur membeli varian selain GX ? Memang ESP bisa dipasang ke mobil non-ESP?

Menurut Suzuki hal itu bisa saja dilakukan, tetapi perlu waktu yang sangat lama untuk memasangnya karena prosesnya meliputi perbaikan sensor di roda dan wiring. Mungkin daripada repot-repot memasang EPS, lebih baik membeli yang variannya memiliki ESP. Selain fitur tersebut, All New Ertiga GX dibekali juga fitur TCS (Torque Control System) dan Hill Hold Control (HHC).

Tanggapan Suzuki

Totok Yulianto selaku 4W Service Section Head PT. SIS (Suzuki Indomobil Sales) mengatakan

“Hal tersebut banyak perubahannya.  Ada banyak sensor di roda dan wiring yang diperlukan dan harus diubah. Jadi kami tidak menyarankan. Jadi Ertiga lawas ada fitur ABS dan EBD, sekarang ditambah ada TCS, ESP dan HHC.”

Be the first to comment

Leave a Reply