Pengembangan Yamaha M1 Tidak Ditentukan oleh Rossi


RiderTua MotoGP – Jelang awal musim lalu berhembus kabar di media luar bahwa pengembangan Yamaha akan bertumpu pada masukan Rossi. Sedangkan Vinales yang terbukti masih baru seolah “diabaikan”. Kemudian ada klarifikasi bahwa Yamaha tidak berfokus pada Rossi dan paket Vinales dan Rossi berbeda untuk musim 2018 ini. Namun berita terkini menyebutkan bahwa pengembangan Yamaha M1 tidak ditentukan oleh Rossi keluar dari pernyataan Ramon Forcada dia adalah kepala mekanik Maverick Vinales.

Tentunya akan menarik mendengar penuturan orang yang sudah lama ikut dalam pengembangan Yamaha. Baik saat bersama Lorenzo dan kini Vinales.

Indikator Masalah Yamaha sudah Teratasi

Apa sebenarnya yang sedang terjadi, insinyur mesin Spanyol itupun berbicara tentang masalah pada Yamaha M1:

“Setelah musim 2017 berakhir dan menuju persiapan pra musim memang ada masalah ketidakstabilan sepeda motor. Kami mencoba lebih banyak solusi. Selama akhir pekan yang sama ada tes di mana ada hasil yang baik dan yang lain tidak. Jadi sulit untuk membuat hasil balapan yang baik. Empat sirkuit pertama kejuaraan berbeda satu sama lain, kita akan lihat bagaimana itu akan terjadi. Kita harus memastikan bahwa kita memiliki konsisten dan kecepatan konstan. Butuh ritme untuk tetap bersama pembalap di depan “.

Forcada juga menyoroti bagaimana menyikapi tahun ini belajar dari tahun lalu. Setelah Qatar. Awal seri pernah menyesatkan tim Yamaha karena balapan malam hari. Tahun lalu bagus di awal musim namun drop setelah seri Eropa. Argentina dan Amerika Serikat adalah trek atipikal ( tidak bisa didefinisikan sebagai standart). Kemudian sirkuit Jerez mereka sebut sebagai trek “Normal”. Jika Yamaha melakukan dengan baik di 4 sirkuit itu maka mereka yakin bahwa pengembangan motor berada di jalur yang benar. Dan basis paket Yamaha 2018 sudah bagus. Istilahnya 4 sirkuit tadi merupakan indikator bagus tidaknya Yamaha tahun ini.

Kenapa Honda dan Ducati lebih bagus dari Yamaha ?

Kemudian kepala teknisi Vinales itu menjelaskan kenapa Honda dan Ducati berada di depan Yamaha saat ini,

“Apa yang membuat Honda dan Ducati kuat adalah kombinasi yang mereka bentuk dengan pembalap mereka. Marquez-Honda kuat selama bertahun-tahun dan Dovizioso-Ducati untuk satu setengah tahun. Tidak ada istilah sepeda yang bagus dan sepeda yang buruk. Yang terjadi adalah ada pasangan yang bekerja dengan baik (rider dan motor) dan orang lain tidak punya itu. Misalnya, beberapa tahun yang lalu, Ducati memenangkan balapan bersama Stoner, sehingga motornya menjadi bagus.”

Pengembangan Yamaha M1 Tidak Ditentukan oleh Rossi

Berbicara tentang Valentino Rossi, Forcada menekankan bahwa pengembangan M1 tidak ditentukan oleh dia,

“Itu tidak benar, karena Yamaha membawa hal-hal baru setiap balapan dan dua pembalap dapat mencoba segalanya. Jika Vinales ingin melanjutkan musim ini dengan sepeda motor yang buat dia menang di Qatar dan Argentina, dia bisa melakukannya. Begitu pula dengan Rossi. Mereka tidak diwajibkan untuk melakukan apa yang dilakukan oleh yang lain. Pabrikan akan mengumpulkan informasi dari hasil yang sudah didapatkan oleh kedua pembalap.”

Be the first to comment

Leave a Reply