Toyota Kijang Innova Masih Perkasa di Segmen Medium MPV



All New Toyota Kijang Innova
All New Toyota Kijang Innova

RiderTua.com – Selama bertahun-tahun Toyota Avanza mampu menjadi ‘raja’ di segmen LMPV. Namun pada bulan Februari lalu, Mitsubishi Xpander berhasil mengkudetanya. Namun sebagai obat penghilang rasa galau, Toyota punya kabar baik. Toyota Kijang Innova masih perkasa di segmen medium MPV di Indonesia.

Baca juga: Sosok SUV Baru Toyota Bakal Diluncurkan Sebentar Lagi

Innova ‘Raja’ Medium MPV

Untungnya Innova masih bisa mempertahankan kedudukannya di segmen medium MPV. Segmen ini tidak terlalu sengit layaknya segmen LMPV. Buktinya Innova tetap sebagai mobil medium MPV nomor satu, dengan total penjualan pada 2 bulan pertama mencapai 9.507 unit. Dengan ini Innova menguasai 80,47 persen pasar medium MPV.

Jika dibandingkan dengan pesaingnya, terlihat sangat jauh. Seperti Nissan Grand Livina yang hanya menguasai 7,04 persen pasar. Sebelumnya (pada periode yang sama 2017) Livina mampu terjual hingga 1.574 unit, tetapi turun menjadi 832 unit saja awal tahun 2018 ini. Mendapat pembaruan beberapa minggu yang lalu, akankah membawa dampak kepada penjualan Grand Livina nantinya ?

Baca juga: Nissan Meluncurkan Grand Livina Special Version, Seistimewa Apa ?

Sementara pendatang baru Wuling Cortez langsung melesat ke posisi ketiga dengan penjualan mencapai 816 unit. Memang mengejutkan mengingat Cortez masih berstatus mobil baru, tetapi mampu menorehkan penjualan yang bagus. Ada potensi kalau suatu saat nanti Cortez akan menyalip Livina, bahkan kalau bisa Innova.

Lain Innova, lain pula Sienta. Walau sudah distop produksinya dan penjualannya menurun hingga 86,42 persen, Sienta masih bisa terjual hingga 437 unit. Lalu Isuzu Panther terjual 190 unit, sisanya hanya 82 unit. Entah mobil mana saja yang terjual pada angka tersebut.

Berikut daftar peringkat wholesales Medium MPV periode Januari-Februari 2018:
  1. Toyota Kijang Innova : 9.507 unit
  2. Nissan Grand Livina : 832 unit
  3. Wuling Cortez : 816 unit
  4. Toyota Sienta : 437 unit
  5. Izuzu Panther : 190 unit
  6. Merek lain : 82 unit



Be the first to comment

Leave a Reply