Perusahaan Jepang Buat Mobil Yang Bisa Mengapung di Air

fomm corp jepang
fomm corp jepang

Banjir adalah masalah utama yang terjadi saat musim hujan tiba. Daerah seperti Kota Jakarta, banjir adalah sesuatu yang ‘biasa’. Saat musim hujan tiba, genangan air dimana-mana. Sebenarnya tak hanya Jakarta saja sih, namun juga dialami oleh sebagian negara yang punya tingkat intensitas hujannya tinggi. Perusahaan Jepang buat mobil yang bisa mengapung di air, untuk solusinya.

Baca juga: TUCUXI = Tuku Iki… Mobil Listrik Indonesia harga 1,5 M
fomm corp floating car
(Foto: The News Wheel) fomm corp floating car

Fomm Corp

Perusahaan asal Jepang Fomm Corp, yang didirikan oleh seorang mantan pekerja Toyota bernama Hideo Tsurumaki, memiliki sebuah inovasi. Yaitu menciptakan sebuah mobil mini listrik yang punya kemampuan mengapung di air.

Hideo Tsurumaki terinspirasi saat terjadi banjir tsunami. Dimana banyak mobil yang hanyut dan tenggelam saat peristiwa itu. Jepang adalah negara yang rawan gempa, sama seperti Indonesia. Dan tak jarang berpotensi menimbulkan tsunami yang pernah terjadi tahun 2011 lalu di Jepang.

Namun, Tsurumaki mengatakan kalau mobil ciptaannya ini bukanlah mobil amfibi. Karena punya pergerakan yang terbatas saat di air. Mobil ini bisa menempuh perjalanan hingga 160 km sekali isi daya dan kecepatan maksimalnya 80 km/jam.

Tsurumaki siap memproduksi hingga 10 ribu unit mobil mininya hingga akhir tahun 2018 ini. Dan kemudian siap dipasarkan di pasar negara-negara ASEAN yang punya curah hujan tinggi dan menjadi langganan banjir. Wah, boleh masuk ke Indonesia, nggak ya?

Be the first to comment

Leave a Reply