Pertama Kalinya Arab Saudi Menggelar Pameran Mobil Khusus Wanita

0
wanita arab saudi boleh nyetir mobil
(Foto: gazetebursa.com.tr) wanita arab saudi boleh nyetir mobil

Keputusan Pemerintah Arab Saudi yang membolehkan wanita untuk menyetir membawa perubahan besar di negara Timur Tengah ini. Oleh karena itu, Arab Saudi menggelar acara pameran mobil khusus wanita di Le Mall, Jeddah. Pertama kalinya Arab Saudi menggelar pameran mobil khusus wanita dan sukses lo !

Baca juga: Tak Hanya Mobil, Wanita Arab Saudi Boleh Tunggangi Motor dan Nyetir Truk

Era Baru di Arab Saudi

Merek mobil seperti Chevrolet, Nissan, Kia, sampai Toyota tak mau kehilangan moment yang tak biasa ini. Bisa jadi di pameran ini mereka bakal ‘panen raya’. Maklum masyarakat Arab Saudi kan tajir-tajir tuh. Negara Minyak Sodara !

Mobil yang ditampilkan di pameran itu merupakan kendaraan hemat bahan bakar. Meski yang dipamerin bukan mobil-mobil mewah namun pengunjung yang sebagian besar kaum Hawa itu sangat antusias. Inilah kali pertama mereka bisa memilih sesuka hati kendaraan ‘pribadi’ yang mau dipakai untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari.

Mulai Berlaku 24 Juni 2018

Para wanita Arab Saudi merasa lega setelah aturan yang memberlakukan wanita dilarang mengemudikan kendaraan sudah dicabut oleh Raja Arab Saudi (Raja Salman). Hanya saja, ijin wanita dibolehkan mengemudi seorang diri berlaku mulai tanggal 24 Juni 2018. Masih lama sih. Meskipun begitu, hal ini disambut baik.

Sebelum aturan baru ini ditegakkan, dulu Arab Saudi masih berpegang pada hukum lama yang sangat ketat. Yang salah satunya wanita tidak boleh pergi ke luar rumah tanpa ditemani muhrimnya (ayah atau saudara laki-laki). Begitu juga ada larangan bagi wanita untuk mengemudikan kendaraan, baik sepeda motor atau mobil.

Tapi ketika Raja Salman memerintah, aturan ini dilonggarkan sehingga para wanita Arab  Saudi ‘jaman now’ bisa menyetir tanpa harus ditemani muhrimnya.

Leave a Reply