PCX Lokal Memakai Mesin Vario 150 ?

Dalam satu pabrikan jamak dilakukan sebuah mesin dipakai untuk banyak varian ( Common Engine). Seperti mesin DOHC 150 Honda yang menggunakan satu basic engine sama untuk beberapa varian. Namun dengan beberapa setup yang berbeda. Seperti mapping engine dan ubahan di sektor rasio perpindahan daya( sesuai karakter motor).
Nah yang menarik disini PCX produk Indonesia yang baru saja Launching. Jika kita ceremati dia menggunakan dapur pacu yang mirip dengan Vario 150. Apakah benar PCX Lokal memakai mesin Vario 150 ?PCX Lokal Memakai Mesin Vario 150

Berikut Tabel ketiga Varian tersebut bila di jajarkan:

PCX Lokal Memakai Mesin Vario 150 ?

Kita lihat saja di area ruang bakar akan kita temukan diameter antara Vario dan PCX Lokal sama yaitu 58,3mm sedangkan PCX Import diameternya 58mm .. Tentunya hal ini akan berpengaruh ke volume ruang bakar dimana Vario dan PCX Lokal sama yaitu 149,3 cc sedangkan PCX Import 153 cc… selisih nya tidak ada satu sendok teh ( 5 cc) jiaahhh .. 😀

Honda Vario 150 eSP
Honda Vario 150 eSP

Dampaknya Pada Mesin

Jika memang benar nantinya memakai formula seperti Vario 150 artinya PCX New 2018 versi made In Indonesia ini akan lebih irit dari sisi konsumsi BBM. Sedangkan tenaga sepertinya kalau menurut penulis performa Vario 150 sudah mumpuni… mau ngebut dimana..??
Karena pada dasarnya skutik bukan buat racing. Paling tidak untuk beberapa orang. Entah kalau rumahnya dekat sirkuit atau Monasco.
Cuman memang beda rasanya selisih power sekitar 0,8 Tenaga Kuda itu.. Walau beda sekali lagi tenaga segono cukup… kalau kurang ya bore up dewe 😀

2018 PCX 150 Lokal
2018 PCX 150 Lokal

Tanggapan pihak Honda

Saat acara launching PCX di Jakarta kemarin (13/12/17) adalah Sarwono Edi (Technical Service Division AHM). Memang memaparkan bahwa mesin ‘baru’ All-New PCX 150 memang menggunakan basis mesin dari varian Vario 150. Meskipun begitu dia mengatakan bahwa ada berbagai komponen daleman mesin yang berbeda.

“Tapi performa relatif sama, hasil tes belum keluar sekarang jadi belum bisa saya jelaskan,” ungkap Sarwono

Nah artinya memang basisnya resmi ambil dari Vario 150 namun karena ini adalah varian All New pastinya akan ada perubahan dibeberapa part daleman menyesuaikan fitur baru All New PCX Made In Indonesia ( Lokal).
Tentunya Vario dengan PCX adalah dua motor dengan karakter berbeda. Vario diciptakan untuk komuter sedangnya PCX lebih ke touring-cruiser.
Pastinya karakter akan diubah di PCX juga lebih banyak sensor di bagian mesin. Ini tentunya harus diadaptasi ke PCX Lokal. Dan yang lainnya adalah final gear Honda PCX 150(Import) 17/54, Honda Vario 150 final gearnya 18/53. Kita lihat saja hasil akhirnya.

Satu lagi yang harus dilihat adalah berat Vario 150 adalah 109 kg, nah kalau boleh nih berat PCX Lokal harusnya bisa disamakan juga dong… tanya kenapa?

 

3 Comments

  1. naek matic tu gak usah kenceng, yg penting nyaman..paling mentok 120kpj cukuplah d jln raya. kalo mo kenceng mending bawa gsx,

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*