Categories: Otomotif

New Peugeot 3008 dengan Fitur Andalan i-Cockpit

Jepang — Peugeot -Citroen merencanakan untuk memperkenalkan varian 5008 musim panas ini kemudian 3008 dan sudah dimulai dengan Peugeot 2008. Dikonfirmasikan bahwa lineup SUV Peugeot sudah merampungkan tiga model tadi. “Pelanggan yang membeli SUV adalah yang sangat menginginkan varian tersebut, jadi kami ingin lebih meningkatkan citra merek Peugeot dengan menawarkan SUV dengan kualitas tinggi dan performa tenaga besar untuk pelanggan tersebut.” Kata Product Group Manager of Peugeot Citroen Japan, Hiroyuki Seki.
Salah satu fitur besar dari 3008 adalah i-Cockpit. Pertama kali diadopsikan pada varian 208 tahun 2012. Fitur ini dipasang di seri 308, 2008, dan sudah digunakan lebih dari 2,2 juta pengguna.
Fitur i-Cockpit ini berevolusi pada generasi terbarunya pada seri 3008 ini . Terdiri dari setir dengan bentuk baru, panel instrumen head-up yang menggunakan layar digital high-definition (HD) 12,3 inci, dan layar sentuh 8 inci.
“Melihat panel instrumen head-up dari atas setir yang berdiameter kecil akan membuat anda merasa panelnya itu mudah dilihat,” kata Seki. Display pada panel ini dapat dipilih dari empat mode sesuai dengan tujuannya.
Mengenai keunggulan kemudi berdiameter kecil ini, Seki mengatakan, “Memungkinkan untuk mengubah arah mobil dengan gerakan kecil. Selain itu dengan setir kecil saat belok hanya butuh belokan kecil yang efektif tanpa harus banyak melakukan gerakan belok ,” dimana untuk wanita ini lebih nyaman.
Mengenai fitur layar sentuh, “Meski ada banyak spesifikasi seperti perintah baru-baru ini, kami memberikan sesuatu di layar sentuh karena alasannya adalah untuk penggunaan intuitif. Di sisi lain, layar sentuh mungkin tidak dapat melakukan operasi yang diinginkan kecuali berbagai hierarki yang dipilih. Jadi di 3008  kami menyiapkan saklar toggle secara terpisah dari layar sentuh, dimana kita bisa mengubah navigasi utama, parameter mobil, pengaturan AC, dll”.
Menurut Seki, “i-Cockpit meliputi setir berdiameter kecil akan diaplikasikan untuk semua model Peugeot yang akan datang.”

Di bagian depannya, desainnya merupakan karakteristik dari Peugeot  “Itu merupakan gril depan yang besar yang menggambarkan checkered flag, di sekitar headlamp yang mensimulasikan sirip hiu, dimana seolah-olah itu tertanam dalam headlamp LED depan.”
Tentang bagian sampingnya, Seki mengatakan, “Desain SUV terbaru ini adalah desain yang kaku berdasarkan pada garis lurus, tapi juga di Peugeot, garis kurva banyak digunakan.” kemudian secara perlahan berbalik pada pilar B, memberi kesan sebuah ruang dan juga atap berwarna hitam untuk memberikan kesan yang tajam dan sporty.
Bagian lampu rem belakangnya merupakan three-line yang umum diadopsikan untuk semua model Peugeot . “Ini menggambarkan citra dari cakar singa,” katanya.
Spesifikasi Peugeot 3008 Jepang akan diperkenalkan dengan dua macam mesin. Salah satunya adalah mesin bensin turbo 1,6 liter yang dikembangkan oleh BMW dan PSA, dengan output maksimum sebesar 165 ps dan torsi maksimum 240 Nm. “Ini merupakan mesin yang datang dari putaran mesin rendah sebesar 1400 rpm yang menghasilkan torsi maksimum dengan 3500 rpm, ini sangat bagus agar mesin bisa bekerja secara efektif ketika turbonya tidak bekerja pada kecepatan rendah.” Mileage dari bahan bakarnya mencapai 14,5 km/liter,  konsumsi bahan bakar  di jalan raya itu akan mencapai 19 km/liter.


Mesin diesel terbaru dengan kubikasi 2000cc, untuk seri 308 dan 508 menggunakan mesin sama. Performa mesin ini tenaga mencapai 180 ps dan torsi maksimum 400 Nm. “Peugeot mengembangkan dan menjual mesin diesel selama lebih dari 90 tahun, jadi ini merupakan mesin diesel bersih yang terpercaya.” SCR diadopsi untuk perawatan gas buangnya. Pengolahan secara ilmiah dilakukan dengan menyemprotkan AdBlue dan mengurangi Nox. Keuntungan maksimalnya adalah “Secara paksa mengurangi gas buang, sehingga mesin bisa melakukan kerja maksimal, yaitu meningkatkan efisiensi pembakaran dan meningkatkan penghematan bahan bakar. Kemudian, jika perawatan gas buang dilakukan dalam proses terpisah, masing-masing akan menggunakannya dengan benar.”


3008 dilengkapi dengan ‘advanced grip control’. Sebagai tambahan untuk grip control sejauh ini, ini merupakan tambahan dari ‘Hill descent control’. Untuk melakukan itu, atur grip control dengan dial di konsol tengah dan ‘hill descent control’ dengan tombol di sisi kanan.
“Clip control” dapat diatur ke mode ‘normal travelling’, ‘off’, ‘sand’, ‘mud’, dan ‘snow’. “Dikombinasikan dengan ban off road (lumpur)dan salju, sudah jelas bahwa mobil ini dapat melakukan berbagai macam kondisi tanpa kesulitan.”
Mengenai mode ‘mud’ pada grip control, Seki mengatakan, “Sebagai contoh, ketika ban kiri mulai selip, bannya secara aktif memulihkan cengkramannya dengan melompati lumpur dan batu secara agresif memutar rodanya, ini merupakan mode untuk menurunkan kecepatan ban dan lolos disana.”
‘Hill descent control’ adalah sistem yang bekerja dari kemiringan 5 persen, secara bertahap menurunkan kecepatan sesuai kemiringannya, turun hingga sekitar 3 km/jam pada kemiringan 25 persen, memungkinkan untuk melaju secara otomatis. Kecepatan berubah sesuai dengan perubahan kemiringan, dan secara bertahap melepaskannya ketika kemiringannya berkurang.

Harga setara Rp 571 juta ( belum bea Import)

 

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Replika Yamaha YZF-R1 Jonathan Rea Dijual Sangat Terbatas!

RiderTua.com - Replika motor balap Jonathan Rea Replica YZF-R1 di WSBK yang mengambil basis dari model standarnya, terinspirasi dari tim…

20 April 2024

Komentar Gigi Dall’Igna Atas Penampilan Marc Marquez, Bastianini, Pecco dan Martin di Texas

RiderTua.com - Meski Marc Marquez mengalami crash saat memimpin GP Amerika, General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna memuji kecemerlangannya. Pembalap…

20 April 2024

Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 : Hujan, Bautista Tercepat!

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP2 WSBK Belanda 2024 ..Jumat, 19 April 2024, Dalam sesi FP2 WSBK Belanda yang…

19 April 2024

Stefan Bradl : Ketika Marc Marquez Jatuh, Acosta Pasti Tersenyum

RiderTua.com - Stefan Bradl dan Marc Marquez bekerja bersama untuk Honda selama bertahun-tahun. Setelah Baby Alien pindah ke tim satelit…

19 April 2024

Hasil FP1 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP1 WSBK Belanda 2024 ..Jumat (19/4/2024), Pembalap ROKiT - Motorrad , Toprak Razgatlioglu menjadi…

19 April 2024

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024