Categories: technology

Xbox One X, Konsol Paling Tangguh dari Microsoft, Kompetitor PS4 Pro Sony

Setelah berbulan-bulan pamerkan teaser, Microsoft akhirnya menampilkan untuk pertama kalinya generasi konsol selanjutnya ke para gamer, yaitu Xbox One X, kompetitor yang akan bertarung dengan konsol PS4 Pro yang akan dipamerkan oleh Sony ke seluruh dunia akhir September nanti.
Baik Xbox One X dan PS4 Pro, keduanya disebut sebagai model ‘Mid-Generation’. Memang tidak layak dengan nomor versi lengkap tapi membawa beberapa sentuhan baru dan upgrade untuk ‘famili’ konsol setelah pertama kali muncul tahun 2013.
Untuk Xbox One X, yang berarti grafis 4K asli yang mendukung game untuk pertama kalinya pada konsol Microsoft (Xbox One S mendukung grafis 4K untuk video, namun hanya jika upscalling sejauh game berjalan). Microsoft mengutip 6 teraflop pada kekuatan grafisnya berkat mesin GPU custom-made 1.172 MHz. Ternyata itu cukup bagus untuk menjalankan game bergrafis 4K pada 60 frame per detik.
Memori RAM-nya telah ditingkatkan menjadi 12 GB, naik 4 GB dari sebelumnya, yaitu 8 GB di Xbox One S, dan keduanya didukung dengan HDR untuk video dan game yang lebih baik, serta dilengkapi dengan drive built-in Ultra HD Blu-ray.
Sementara secara diatas kertas, hal itu menempatkan konsol baru Microsoft tersebut di depan PS4 Pro Sony dalam hal performanya. Konsol Sony menawarkan kekuatan grafis sebesar 4,2 teraflop, meski ada beberapa faktor lain bagi para gamer untuk menimbang, dari harga retailnya ke katalog game.


Microsoft mengutip kekuatan grafis sebesar 6 teraflop, patokan baru bagi konsol game abad ini.
Game dan aksesori Xbox One yang tersedia akan kompatibel dengan konsol terbarunya, menurut Microsoft, perusahaan juga akan membawa beberapa game Xbox 360 lama yang telah dipilih untuk konsol baru tahun ini. Dan game lama akan terlihat lebih tajam dan berjalan lebih cepat di Xbox One X.
Dalam hal penampilan dan desain, Xbox One X sangat mirip dengan Xbox One S, meski ukurannya lebih kecil. Perubahan besarnya berada di bagian dalamnya daripada penampilan luarnya.
Ketiga konsol Xbox One tersebut akan dijual dan memberi para gamer pilihan poin harga dan kekuatan performanya untuk dipertimbangkan, namun Xbox One X akan menjadi pilihan premium untuk performa terbaik dan dukungan 4K asli bagi game.
Microsoft juga menggunakan kesempatan dalam pameran gaming E3 untuk mengumumkan 42 game baru untuk konsolnya, 22 diantaranya eksklusif. Ada game balapan Forza Motorsport 7, game MMO bertema bajak laut dan penamplilan menarik Sea of Thieves, dan game open world zombie State of Decay 2. Bioware juga kembali, dengan game multipemain paling ambisiusnya bernama Anthem.
Yang tidak didapatkan dalam acara pers Microsoft adalah banyak yang menyebutkan tentang fitur ‘virtual reality’ (VR), sesuatu yang perusahaan telah menekan keras sejauh seperti yang dilakukan pada platform Windows 10. Memang harus menunggu dan melihat apakah ada sesuatu seperti PlayStation VR yang sedang dikerjakan.

Xbox One X akan dijual di seluruh dunia tanggal 7 November nanti, namun harganya tidak murah. Microsoft mematok harga retailnya sebesar 499 dolar AS ( sekitar 6,6 juta FOB).

Sumber : Xbox One X

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Hasil Race Moto3 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera, Hasil Race Moto3 Spanyol 2024 — Race Moto3 Spanyol berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu, 28…

28 April 2024

Pembaruan Motor Sport Suzuki GSX-R600 yang Dapat Baju Baru

RiderTua.com - Meski Suzuki telah menghentikan penjualan GSX-R600 di negara dengan aturan emisi yang cukup ketat, motor sport tersebut masih…

28 April 2024

Brad Binder : Pecco Terjebak!

RiderTua.com - Sebenarnya Brad Binder memiliki peluang untuk naik podium pada sprint MotoGP di Jerez. Tetapi rider Red Bull KTM…

28 April 2024

Maverick Vinales Marah : Kondisi Trek Membahayakan Seharusnya Red Flag Dikibarkan

RiderTua.com - Setelah tampil kuat pada hari Jumat, Maverick Vinales hanya berhasil menempati posisi ke-11 di grid pada kualifikasi di trek…

28 April 2024

Pecco Bagnaia : Sering Terjadi Senggolan di Sprint Tapi Kali Ini Gila!

RiderTua.com - Kualifikasi tidak berjalan baik bagi Pecco Bagnaia sehingga hanya menempati posisi ke-7 di grid. Jalannya sprint race pada…

28 April 2024

Ke Tim Pabrikan KTM Musim Ini? Pedro Acosta : Itu Hal yang Bodoh

RiderTua.com - Pedro Acosta menyelesaikan latihan MotoGP hari pertama di Jerez dengan posisi ke-6 hanya kalah 0,4 detik dari pembalap tercepat…

28 April 2024