Valentino Rossi Sebut Honda Sudah Mirip Yamaha!


ktm indonesia

Selain Ducati masuk dalam deretan motor yang susah ditaklukkan Honda juga termasuk dalam motor yang sejatinya juga tidak mudah di kendarai bagi pembalap “pemula” atau baru naik kelas ke 1000 cc.. bisa jadi akibat konvigurasi mesin yang type V ini menjadi penyebab mesin menjadi liar dan terbukti hal ini di amini oleh Cal Crutchlow bahwa mengendarai Ducati memang sulit tapi Honda juga tidak kalah susahnya..

Namun Honda beberapa musim belakangan ini berusaha lebih membuat jinak RC213V banyak dilakukan yaitu dengan merubah “filososfi” mesin itu sendiri salah satu hal besar adalah merubah arah putar mesin atau istilah teknisnya Reverse-Rotating Crankshaft pada mesin baru RC213V versi 2017 dan yang paling terkini adalah menjadikan mesin bertype pengapian Screamer menjadi Big Bang yang berdampak pada makin lembutnya mesin Honda MotoGP mereka dan sepertinya kini mereka merasakan hasilnya … bahkan menurut Rossi Honda sudah “semakin Yamaha”.

Hal ini diungkapkan Rossi setelah sesi pra Race di Jerez kemarin dimana dengan kondisi lintasan yang panas dan sangat berpengaruh pada ban Michelin namun justru  Honda mendapat manfaat dari suhu tertinggi tahun ini di Spanyol dan faktor lainnya adalah RC213V versi 2017 menurut Rossi  tampaknya sudah memecahkan beberapa masalah musim lalu.

“Saya pikir Honda telah meningkat pesat karena mesinnya sekarang sangat mirip dengan motor kita(Yamaha), lebih mudah dikendarai….
Dalam dua balapan pertama motor kami lebih baik dari lawan-lawan kami,” kata Valentino Rossi.

Musim ini tampaknya keunggulan Yamaha akan berubah dan tergantikan oleh Honda jika memang itu masalah mesin dan dengan mesin baru yang makin jinak dan mudah dikendarai akan membuat Marquez semakin yakin bisa mempertahankan gelarnya tahun ini, faktanya pembalap Satelit Cal Crutchlow juga tampil bagus, namun masih ada 14 seri lagi dan paruh kedua musim keadaan bisa saja berbalik.. namun dari penuturan Valentino Rossi jelas bahwa Honda kini lebih mirip Yamaha yang lebih mudah dikendarai tidak liar seperti sebelumnya, semakin seru saja pertarungan Honda Yamaha tahun ini.

1 Comment

  1. Tapi kenapa yah Honda di WSBK “over jinak”? Tidak berdaya melawan “Geng Ijo”

Leave a Reply