Rider MotoGP minta Latihan Jumat “Tidak Masuk Hitungan”


ktm indonesia

Kualifikasi dalam kelas MotoGP dilakukan selama dua kali ( Q1 dan Q2) dimana Q2 adalah penentuan Start urutan 1 sampai 10 plus 2 pembalap tercepat dari Q1… bisa dibilang Q1 adalah “Kualifikasinya Pembalap Lambat”.
Peserta Q2 atau ‘kualifikasi Inti’ akan ditentukan oleh kombinasi catatan waktu Latihan Bebas ( FP 1-2-3) dan diambil dari 10 pembalap tercepat, dimana FP1-2 dilakukan pada hari Jumat dan FP 3 pada hari Sabtu..

Nah kini para rider setelah seri Argentina kemarin meminta penyelenggara balapan agar merubah aturan itu dan keputusannya akan bisa kita lihat pada seri berikutnya atau menunggu kesepakatan bersama, kemauan para rider itu adalah tidak diberlakukannya catatan waktu pada latihan hari jumat ( FP1-2)…menurut media Spanyol para pembalap MotoGP meminta Komite Keselamatan (Safety Committee) pada hari Jumat di Termas de Rio Honda agar  dua latihan bebas pertama di setiap grand prix tidak dihitung untuk menetapkan rider yang lolos langsung masuk  ke Q2( sesi resmi yang menentukan pole position).
Para pembalap meminta Race Director, Dorna dan FIM  agar di Latihan bebas ke tiga(FP3) yang diadakan pada hari Sabtu sebelum kualifikasi yang dijadikan patokan untuk menentukan 10 pembalap tercepat di Q2, .. dan permintaan itu masih dipelajari oleh bagian yang berwenang untuk menetapkan revisi regulasi baru itu dan kini masih mempelajari permohonan itu.. namun intinya memang harus ada kesepakatan dan  kebulatan pendapat diantara semua pihak untuk mengubah prosedur itu dan infonya akan dibahas dalam pertemuan mendatang.

Prosedur Kualifikasi MotoGP yang berlaku mulai tahun 2013
1. Tiga sesi FP1-2-3  secara total nilainya akan menentukan posisi dalam Kualifikasi
2. Sepuluh pembalap tercepat di FP 1-2-3 akan langsung lolos di Qualifying Practice 2 (Q2).
3. Pembalap yang tidak masuk 10 besar akan ikuti Qualifying Practice 1 (QP1).
4. Dua pembalap tercepat di Q1 berhak ikut  Q2, jadi  total rider di Q2 ada 12 pembalap berebut Pole.
5. Pembalap tersisa di  Q1 akan start dari posisi 13 sampai akhir sesuai catatan waktunya

*FP4 yang digelar hari sabtu tidak diperhitungkan waktunya dimana bertujuan agar tim dan rider  bisa menemukan settingan motor yang terbaik buat race minggu

 

Be the first to comment

Leave a Reply