Basic Mesin Moto2, CBR600RR Tidak Diproduksi Lagi… Nasib Moto2 dan Kelas Supersport Honda..??

 

Honda akan “Suntik Mati” Varian Yang Enginenya Digunakan di MotoGP Kelas Moto2, CBR600RR akhir tahun ini karena motor tersebut tidak memenuhi stnadart kebisingan Dan emisi Euro4, yang mulai berlaku sejak 1 January 2017. Setelah tanggal tersebut beberapa motor dalam jumlah tertentu bisa dijual di Inggris Dan Eropa menurut aturan tertentu. Setelahnya motor dengan model  tersebut akan dihancurkan.

Tak ada pernyataan resmi Dari Honda mengenai masa depan CBR600RR tetapi sumber MCN dari Jepang mengatakan bukan motor ke”Eropaan” yang akan menggantikan CBR 600RR dimana model yang sudah ada dapat terus dijual di pasaran tanpa terpengaruh undang-undang Euro4.
CBR600RR

Kembali ke beberapa tahun silam dimana  kehadiran CBR600RR rasanya tak mungkin, sekarang dengan dropnya penjualan motor tersebut yang mengubah bentuk pasar Dan menambah kurang pentingnya dalam kategori balapan supersport telah mengkonspirasi semua untuk memusnahkan model ini.

Supersport kelas 600 semakin dihambat dengan biaya pengembangan teknis. Motor baru untuk kelas 600cc hampir sama biayanya dengan motor 1000cc. Level kerumitan teknis pun sama, masalah packaging juga menjadi suatu tantangan. Para konsumen menuntut elektronik terbaru tapi tak mau membayar lebih hingga membuat Margin keuntungan perusahaan menjadi kecil.

Sumber MCN dari Jepang mengatakan :

” Bukan keputusan yang mudah bagi Honda karena CBR 600 adalah motor yang penting bagi perusahaan selama bertahun-tahun tapi nyatanya model ini tak menjual dalam jumlah tertentu jadi diperlukan kerja giat lagi untuk mengembangkan model yang baru.

Pekerjaan yang perlu dilakukan agar bisa sesuai dengan Euro14 itu mahal dan banyak pekerjaan yang mesti dilakukan. Untuk tetap menjaga ciri CBR 600 tetap utuh dan agar sesuai dengan aturan yang ada itu lebih banyak kerjanya dibanding membuat motor tersebut untuk pertama kali nya. Pekerjaan ini menjadi rumit butuh banyak uang.

Kembali ke akhir tahun 1990 di mana CBR600F terjual lebih Dari 4500 unit di Inggris setiap tahun. Tahun lalu hanya 150 unit CBR600RR dibawa ke Inggris Dan motor lebih banyak dibawa ke “Sekolah balap” Honda Ron Haslam Race School, dibanding ke Dealer

moto2engine

Pengaruhnya ke Moto2…? Mesin Moto2 Honda memang berbasis CBR600 jika Honda diskontinu varian itu (mungkin mesinnya juga) maka akan sejalan dengan kontrak Honda dengan Dorna Yang berakhir pada akhir tahun 2018, dimana ada kemungkinan pabrikan lain akan masuk… dan Dorna mengisyaratkan mesin moto2 tidak harus 600cc…bisa juga dengan di kelas moto2 pakai berbagai jenis merk..namun dijamin akan ada ketimpangan…yang kencang semakin kencang, yang lemot semakin ketinggalan karena persaingan merk..gak seperti saat ini hanya pakai mesin CBR600 semua… kekuatan hampir imbang dan seru… jarak pembalap mevet-mevet… 😀
Jadi gak ada masalah dengan regulasi balap, banyak pilihan..bisa makin seru dengan banyak pabrikan di kelas Moto2…

Jadi Karena biaya produksi motor 600 cc hampir sama dengan 1000 cc… konsumen maunya harga CBR600 yang murah tapi teknologi harus terbarukan…dan Honda sepertinya terkendala masalah itu..sehingga Varian 600cc terpaksa di suntik mati….

 

Honda_Moto2_engine

Be the first to comment

Leave a Reply